BAUBAU, BP- Mengantisipasi wabah corona di Kota Baubau, Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar rapat koordinasi di Kantor Walikota, pada senin (09/03).

Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau Roni Muhtar itu, dihadiri Asisten I Setda Baubau Rahmat Tuta, pihak BLUD RSUD Baubau, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), beserta para lurah.

Kepada segenap awak media seusai rapat, Roni menjelaskan, tujuan utama rapat tersebut adalah mengantisipasi penyebaran virus corona yang kini marak diperbincangkan masyarakat Kota Baubau.

“Maksudnya adalah untuk merumuskan langkah-langkah strategis yang harus dilakukan dalam rangka melakukan penanggulangan persebaran atau merebaknya soal informasi terkait virus corona,” jelasnya.

Beberapa kesimpulan yang dihasilkan dalam rapat tersebut adalah bagaimana peran pemerintah memberi pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan virus corona.

“Dari sisi Dinas Kesehatan perlu menyiapkan bahan-bahan sosialisasi masyarakat, berupa banner, stiker, spanduk, untuk bahannya bisa dikordinasikan dengan Kominfo, sehingga masyarakat paham tentang virus corona,” ujar Roni.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Baubau itu juga menegaskan kepada para lurah, untuk mendata setiap pendatang di daerahnya masing-masing untuk kemudian dilaporkan ke Walikota Baubau AS Tamrin.

“Lalu tugasnya para camat dan lurah, melakukan kesiapsiagaan di masyarakat, bahwa masyarakat harus diajarkan mengenai informasi yang lengkap soal virus corona ini dengan melibatkan RT RW,” tegasnya.

Roni mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat. Disebutkannya, virus corona dapat ditangkal jika kita memiliki sistem imun yang kuat.

“Masyarakat Kota Baubau khususnya, bahwa perlu kita berusaha untuk berhati-hati dengan menerapkan pola hidup yang sehat,” tutupnya.

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest