Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bakal memasuki usia ke 7 tahun, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buteng menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pidato Bupati di Ruang Rapat Kantor DPRD, Kamis (22/07).

Bupati Buteng H Samahuddin SE menyampaikan pidatonya. Dihadapan dewan, ia mengungkapkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kali ini menggunakan format yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada perayaannya sebelumnya difokuskan pada satu Kecamatan, namun ditahun ini menggunakan konsep yang berbeda, dengan dilaksankan di seluruh Kecamatan, dengan maksud agar moment ini merata dan dirasakan kehadirannya diseluruh wilayah di Buteng

Bupati Buteng saat menghadiri Rapat Paripurna Perayaan HUT Buteng ke 7

“Hal tersebut dilakukan, karena pandemi covid-19 masyrakat terkena dampaknya, sehingga dengan konsep seperti akan mendorong perputaran ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, sejak ia di lantik pada 22 Mei 2017 lalu sebagai Bupati, ditahun pertama menjabat, ia mengangkat tema HUT Buteng yaitu Pentingnya Persatuan Setelag Pesta Demokrasi. Tahun kedua dan ketiga, menanamkan sinergitas dalam pembangunan. Akan tetapi dirasa belum cukup, sehingga perlu kolaborasi dalam melaksanakan pembangunan di HUT Buteng ke 6.

Sehingga, dalam HUT Buteng ke 7 pihkanya mengusung tema Bangkit bersama untuk Buteng yang Berkah. Hal tersebut menjadi dorongan atau motivasi dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan di daerah.

Sehingga, untuk membangun daerah dengan bekerja cepat, lebih cerdas dan giat. Sehingga terjadi percepatan dalam berbagai sektor. Selama empat tahun perjalanannya sebagai Bupati, yang telah mampu meletakan pondasi arah dan orientasi pemerintahan dan pembangunan Buteng

“Buteng sudah memasuki usia yang ke 7 tahun, dalam ulang tahun seperti ini, kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau intropeksi diri. Dengan demikian, setiap estafet perjalanan kehidupan ini selalu bermakna, karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto saat membuka rapat mengatakan, peringatan HUT ke 7 Buteng tahun ini, dilaksankan secara sederhana, karena masi dalam situasi pandemi covid-19.

“Kita harus tetap semnagat, untuk bangkit bersama membangun solidaritas dan membangun gotong royong untuk kemajuan Buteng,” kata Bobi

Kemudian, peringatan HUT Buteng ke 7 ini, perlu mengenang dan mengingat kembali, sejarah perjalan panjang pembentukan Kabupaten Buteng, yang memerlukan perjuangan dan pengorbanan untuk melahirkan daerah otonom.

“Dari moment perjuangan tersebut, hendaknya kita jadikan pelajaran untuk memperkokoh dan pertebal serta tekat semangat persuadaraan kita, dalam membangun daerah Buteng yang sejaterah, adil dan makmur, agar sejajar dengan daerah lain di Indonseia yang telah maju,” ungkapnya.

Pada tanggal 23 Juli 2021 besok, Buteng sudah memasuki usia ke 7, meski usia yang masih relatif belia, akan tetapi sudah banyak mengukir prestasi. Salah satunya WTP sudah empat tahun berturut, sehingga mendorong dan memotivasi semua,

baca juga: Bupati Buteng Ajak Masyrakat Introspeksi Diri Pada Momentum Idul Adha

“Untuk berkerjasama, bahu membangun membangun segala bidang, sebagia wujud nyata meneruskan cita-cita para pejuang pemekaran,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest