Peliput : Kasrun

BURANGA, BP- Pucuk pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara (Butur) telah berganti.

Sebelumnya ketua DPRD Kabupaten Buton Utara dijabat Diwan S. Pd digantikan Muh. Rukman Basri yang juga menjabat sebagai Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Butur. 

Kantor DPRD Buton Utara

Pergantian pucuk pimpinan DPRD Butur itu telah disahkan melalui rapat paripurna, Selasa (8/3/2022). Rapat paripurna tersebut dihadiri oleh tiga belas anggota DPRD, termasuk pimpinan DPRD.

Sekretaris DPRD kabupaten Buton Utara, Abdul Rachmat mengatakan, setelah disahkan melalui rapat paripurna, setelah itu diserahkan ke Gubernur melalui Bupati Butur untuk ditindaklanjuti.

“Jadi kita serahkan semua berkas dokumen-dokumen, mulai dari rapat pimpinan, rapat Bamus dengan rapat paripurna tadi,” kata Abdul Rachmat saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya. 

Abdul Rachmat menambahkan, berkas-berkas tersebut akan diserahkan besok, Rabu (9/3/2022).

“Kami upayakan besok,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua PAN Butur, Jumsir Lambau. Setelah disahkannya oleh pihak DPRD, tinggal proses penerbitan Surat Keputusan (SK) dari Gubernur, setelah itu dilakukan pelantikan.

“Tinggal proses penerbitan SK dari Gubernur dan pelantikan,” kata Jumsir Lambau.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat atau DPP PAN telah mengeluarkan SK tentang Penggantian Antar Waktu (PAW) pimpinan DPRD Kabupaten Butur dari fraksi PAN.

Dari SK yang dikeluarkan DPP PAN tersebut, terungkap, Ketua DPRD Kabupaten Butur, Diwan digantikan oleh Muh. Rukman Basri Zakariah yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PAN Butur.

baca juga: Alasan Berobat Karena Muntah Darah, Tersangka Korupsi Dana Desa Eks Kades Kasulatombi Ditangguhkan Penahanannya

SK PAW dari DPP PAN itu dengan Nomor: PAN/A/KPTS/KU-SJ/597/XII/2021 Tentang Penggantian Antar Waktu Pimpinan DPRD Kabupaten Buton Utara dari Fraksi Partai Amanat Nasional Sisa Masa Jabatan Periode 2019-2024.