Peliput: Nelvida A Editor: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP- Puskesmas Kampeonaho tetap layani persalinan ibu melahirkan seperti biasanya. Namun karena pademi Covid-19, pasien persalinan harus lebih dahulu dilakukan rapid test.

Demikian diungkapkan Kepala Puskesmas Kampeonaho, Ni Nengah Budiasih saat dikonfirmasi Baubau post beberapa waktu lalu di ruang kerjanya.

Dikatakan, saat ini pelayanan ibu melahirkan harus melalui protokol kesehatan agar ibu dan bayi aman dari virus covid-19.

Akan tetapi jika pada saat melakukan rapid test dan dinyatakan reaktif maka akan segera melakukan persalinan di RSUD Palagimata Kota Baubau.

” Pelayanan Ibu melahirkan masih tetap, namun kita ada protokol kesehatan harus di di Rapid Test terlebih dahulu. Jika hasilnya reaktif harus melakukan persalinan di Kota Baubau, namun jika hasilnya negatif dapat melakukan persalinan di Puskesmas,” ungkapnya.

Bahkan bidan yang melakukan persalinan harus memakai alat pelindung diri (APD) lengkap. Penjaga ibu melahirkan hanya sekitar 2 orang, hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan pengunjung ibu melahirkan.

” Sudah ada SOP covid-19 dan yang menolong itu memakai APD lengkap dan harus di Rapid Test dahulu,” jelasnya. (#)

Pin It on Pinterest