Laporan: Prasetyo M

BAUBAU, BP-Pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kota Baubau terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan ini disebabkan oleh realisasi pajak yang selalu melebih dari apa yang telah ditargetkan oleh Pemerintah Kota Baubau.


Hal tersebut diungkapkan Plt. Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, saat menghadiri Sosialisasi Pajak Daerah dalam rangka penyerahan secara simbolis Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB-P2 masa Pajak Tahun 2022 di Kantor Camat Batupoaro, Kamis (17/2/2022).
La Ode Ahmad Monianse mengatakan, pada Tahun 2019, target PBB-P2 Pemerintah Kota Baubau sebesar Tiga Milyar Rupiah. Dan sampai dengan 31 Desember 2019, telah terealisasi sebesar Lima Milyar Dua Puluh Enam Juta Enam Ratus Delapan Puluh Satu Ribu Sembilan Ratus Enam Puluh Lima Rupiah, atau meningkat hingga 167,56 persen dari target.
“Hal ini juga terjadi pada tahun berikutnya, yaitu pada Tahun 2020, target PBB-P2 kita sebesar Enam Milyar Rupiah. Dan 31 Desember 2020, telah terealisasi sebesar Tujuh Milyar Delapan Puluh Lima Juta Empat Ratus Tujuh Puluh Tiga Ribu Lima Ratus Empat Puluh Lima Rupiah, atau meningkat hingga 118,09 persen dari target,” bebernya.
Sementara pada tahun 2021 lanjut La Ode Ahmad Monianse, target PBB-P2 Pemerintah Kota Baubau sebesar Delapan Milyar Rupiah. Dan sampai dengan 31 Desember 2021, telah terealisasi sebesar Delapan Milyar Empat Puluh Tujuh Juta Tiga Puluh Satu Ribu Tujuh Ratus Enam Puluh Rupiah, atau meningkat hingga 96,36 persen dari target.

baca juga: Pelaku Pencabulan Dua Anak Dibawah Umur di Hutan Sekitar Kaisabu Baru di Baubau Ditangkap Polisi
“Dengan melihat trend pendapatan PBB-P2 kita yang setiap tahunnya selalu meningkat, maka kami berharap agar di Tahun 2022 ini, dan tahun-tahun selanjutnya akan lebih meningkat lagi. Dan tentu perlu adanya pengawasan kinerja secara berjenjang, mulai dari Camat sampai pada kolektor PBB-P2 yang ada di Kelurahan, agar target pendapatan PBB-P2 yang telah kita tetapkan di Tahun 2022 ini dapat tercapai,” pungkasnya.(***)