Laporan: Ardi Toris

BAUBAU,BP- Kadispora Provinsi Sultra Trio Prasetyo Prahasto, S.Sos, MAp mengungkapkan pihaknya sudah melihat dan memastikan persiapan Kabupaten Buton sebagai tuan rumah Porprov ke 14 Sultra sidah rampung 100 persen.

Kadispora Provinsi Sultra Trio Prasetyo Prahasto, S.Sos, MAp

“Termasuk gedung olahraga (GOR) dan arena atletik saya lihat sudah tinggal finishing beberapa hari lalu dan pada saat pembukaan bisa digunakan nanti pada pembukaan Porprov ke 14,” tuturnya, ketika di temui di Kantor KONI Kota Baubau, Selasa (22/11/2022)

Dia pun melihat langsung bahkan mereka sudah melakukan geladih bersih ketika dirinya membuka pertandingan sepakbola dimana yang bertandingan yaitu kontngen Kabupaten Muna dan tuan rumah Kabupaten Buton, yang berlangsung, Senin (21/11/2022/)

Tidak hanya itu, Trio Prasetyo juga memastikan pembangunan lapangan Basket dan Volley di Buton juga sudah selesai dan dua cabor itu bisa dipertandingkan di sana.

Sementara untuk venue di Kota Baubau, lanjutnya, sebenarnya semua sudah lebih siap, “Hanya tiga venue yang belum selesai yaitu kolam renang, SOR MINI dan arena dayung,” lanjutnya.

“Jadi Renang dipindahkan di Kolaka sementara dayung di laksanakan di Kabupaten Buton. Untuk dayung, hari ini Selasa (22/11/2022) sudah mulai pembukaanya di Buton. Saya akan hadir membukanya.” ucapnya. Trio Prasetyo Prahasto mengungkapkan dua Cabor lainnya yang tidak bisa dilaksanakan di Baubau dan Buton yaitu Golf yang dilaksankan di Kolaka dan Softball dilaksanakan di Kota Kendari.

Trio Prasetyo mengatakan pemilihan pemindahan renang di Kolaka dan bukan memilih Kabupaten Muna yang juga sudah memiliki kolam renang dan letak pulaunya dekat dengan pulau Buton semua karena pertimbangan dari KONI Provinsi. Pemda Provinsi tinggal membcakup saja.

Dia pun mengungkapkan jelang pelaksanaan pembukaan Porprov Sultra ke 14, kontingan dari kabupaten/kota se sultra sudah mulai berdatangan. “Kemarin sudah datang kontigen dari Konsel dengan membawa rombingan 700 orang lebih. Tanggal 23 besok kontigen dari Kota Kendari juga sudah datang. Mereka mondok tersebar di Baubau dan Buton sesuai dengan Cabor yang dipertandingkan di masing-masing daerah,” tuturnya.

baca juga: Puluhan Ekor Sapi Berkeliaran di Depan Kantor DPRD Baubau, Husni Ganiru: Itu Melanggar Perda Hewan Ternak Namun Sanksinya Tidak Ada

Sebagaimana pesan dari Gubernur Sultra H Ali Mazi, Trio Prasetyo berharap dengan adanya Porprov Sultra ke 14 ini masyarakat Sultra bisa melihat bagaimana itu Kota Baubau dan Kabupaten Buton, “Dan mudah-mudahan tidak ada hambatan dalam pelaksanaannya karena yang kita harapkan itu adalah pertama sukses prestasi dan kedua sukses pelaksanaannya,” tutupnya. (*)