Wali Kota Baubau, AS Tamrin (kanan) saat meletakkan batu pertama proyek revitalisasi Kasulana Tombi

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau memulai proyek revitalisasi Kasulana Tombi (tiang bendera). Hal itu ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Rabu (23/09).

Dalam sambutannya AS Tamrin mengatakan, situs kasulana tombi harus dipertahankan dan dipelihara, sebagai salah satu peninggalan leluhur. Salah satu upayanya dengan revitalisasi.

 Wali Kota Baubau, AS Tamrin (kanan) saat meletakkan batu pertama proyek revitalisasi Kasulana Tombi
Wali Kota Baubau, AS Tamrin (kanan) saat meletakkan batu pertama proyek revitalisasi Kasulana Tombi

“Kita lihat kasulana tombi itu sudah miring beberapa derajat. Sebelum jadi wali kota, sudah muncul kekhawatiran saya bagaimana kalau sampai kasulana tombi tumbang,” katanya.

Dalam revitalisasi ini, Pemkot Baubau akan memasang besi yang melindungi dan mengikat Kasulana Tombi agar tidak roboh. Apalagi mengingat usianya yang sudah sangat uzur.

Sebelumnya ada beberapa model revitalisasi yang ditawarkan. Salah satunya dengan membongkar Kasulana Tombi yang asli lalu disimpan. Kemudian di tempat yang sama dibangun replikanya.

“Namun yang saya setujui itu dibuatkan tower mirip pemancar. Jadi kasulana tombi tetap kelihatan, sementara tower itu melindunginya,” tuturnya.

Terkait pro kontra yang muncul, AS Tamrin menegaskan pihaknya sudah mengkaji hal ini dengan melibatkan ahli cagar budaya dari Makassar, bahkan dari Candi Borobudur. Pihaknya ingin agar revitalisasi ini benar-benar berjalan baik dan tidak terjadi kesalahan.

Pemkot juga telah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan tokoh masyarakat, maupun instansi terkait cagar budaya.

“Kita ini tulus ikhlas memperbaiki daerah ini, sudah berkali-kali pertemuan. Kita sudah undang ahli dari makassar, cagar budaya agar jangan kita salah,” tandasnya.

Revitalisasi ini nantinya akan melibatkan ahli desain dari Bali, Prof Dr Ir Putu Rumawan. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest