Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Puluhan ribu warga Kota Baubau menyambut kedatangan jenazah almarhum Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH yang dijadwalkan tiba di Bandara Betoambari Kota Baubau Jumat (11/01/2022), pukul 09.15 WIT yang diberangkatkan dari Jakarta-Makasar- Baubau. Mereka ada yang berseragam Korpri dan juga masyarakat biasa.

mOBIL AMBULANCE YANG MENJEMPUT JENAZAH swALIKOTA BAUBAU DI BADNARA BETOAMBARI

Saking banyaknya warga Baubau yang datang menjemput, areal parkir Bandara Betoambari Kota Baubau begitu padatnya. Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, terlihat menjemput jenazah di area masuk pesawat. Begitu tiba pesawart wings air yang memuat peti jenazah almarhum, Keluarga Besar AS Tamrin, Kamil Adi Karim dan juga anak bungsu Almarhum Sahrin Adi Guna terlihat ikut menjeput.

Peti jenazah pun diterima Wakil Walikota Baubau dan Wakil Ketua DPRD Baubau Kamil Adi Karim untuk kemudian dimasukan dalam mobil ambulanz oleh Pol PP. Suara tangis dan pembacaan kalimat ‘laailaa hailaulaa’ warga mulai terdengar ketika mobil ambulan yang memuat walikota bersahaja itu mulai melintas keluar jalur bandara menuju Rujab Walikota Baubau.

Rupanya dijalur jalan dari bandara menuju rujab warga Baubau berjejer dipinggit jalan untuk menyaksikan mobil jenazah. Bahkan ketika melewati kantor pemerintah dan sekolah-sekolah, mereka berjejer keluar sambil mengucapkan kalimat ”laailaa hailaulaa’. Warga yang mengenderai motor dan kenderaan yang ikut mengantar jenazah ‘mengular’ begitu panjangnya tidak putus, hingga sampai di rumah Jabatan Walikota Baubau.

Di Rumah Jabatan, peti jenazah Almarhum AS Tamrin diterima keluarga. Juga sudah berdiri Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse di depan pintu Rujab Wakil Walikota. Di Dalam rujab terdengar isak tangis dari keluarga yang datang menyambut kepulangan jenazah walikota Baubau yang dikenal sangat baik, cerdas, dan bersahaja itu.

BACA JUGA: Almarhum Walikota Baubau AS Tamrin Dimakamkan di Kuburan Keluarga di Dalam Kawasan Benteng Keraton Buton

Sementara itu, ratusan karangan bunga belasungkawa terus berdatangan dari para kerabat, tokoh politik, intansi pemerintah, instansi swasta, BUMD, BUMN, dan perbankan yang disim pan berjejer di depan pagar Rujab Walikota, bahkan saking banyaknya karangan bunga itu sampai disimpan di lapangan meredeka Kota Baubau. Pada Akhirnya setelah memasuki siang hari Karangan Bunga itu di Bawah ke kawasan Keraton Buton tempat dimana almarhum akan di makamkan di kuburan keluarga. (***)

Comments are closed.