Peliput : Kasrun

Bone, BP-Pemerintah kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang dipimpin langsung Wakil Bupati Butur, Ahali berkunjung di kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) dan diterima langsung wakil Bupati Bone, H. Ambo Dalle M. M di Rujab Bupati Bone, Selasa (22/03/2022).

Foto bersama Wapub Butur, Ahali, Wapub Bone, Dr. H Ambo Dalle M.M dan rombongan kerja Pemkab Butur

Kunjungan pemerintah kabupaten Buton Utara di Kabupaten Bone dalam rangka kegiatan kunjungan kerja tentang manejemen pengelolaan jagung kuning. Dimana di kabupaten Bone Sulawesi Selatan dikenal sebagai daerah penghasil jagung kuning.

Wakil Bupati Buton Utara, Ahali dalam sambutannya mengatakan kedatangan Pemkab Butur di kabupaten Bone selain untuk kunjungan kerja, tak kalah pentingnya adalah bersilaturahmi dengan keluarga di Bone.

“Bukan semata-semata mempelajari ilmu jagung, tapi datang disini mengunjungi saudara kita”, kata Ahali.

Menurut sejarah, kata Ahali Bone dan Buton adalah saudara kita, sehingga tidak ada salahnya kalau kita meminta bantuan di Bone yang dimana mereka sudah ahli dalam proses manejemen pengelolaan jagung kuning.

“Kita datang sama-sama di saudara kita di Bone yang berpasukan lebih majuh, tangguh, cerdas, yang kita butuhkan bantuannya, kasih sayangnya untuk memberikan sport, ilmu bagaimana cara pengelolaan jagung kuning”, Ujarnya.

Ditempatkan yang sama wakil bupati Bone, H. Ambo Dalle M. M mengucapkan selamat datang wakil bupati Buton Utara dan rombongan di kabupaten Bone dalam kunjungan kerja.

Lanjut, H. Ambo Dalle M. M mengatakan pemerintah Bone siap membantu pemerintah kabupaten Buton Utara, jika ada lahan yang disiapkan untuk menanam dan proses manejemen pengelolaan jagung kuning dari awal hingga berhasil.

baca juga: Diwan Tidak Hadir di Pelantikan Rukman Basri Sebagai Ketua DPRD Butur

“Andai kata ada lahannya disana pak bupati Buton Utara, mau mengembangkan setra jagung kuning bisa kita datangkan orang dari sini untuk membimbing pengolahan jagung kuning sampai berhasil”, Katanya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat Butur agar jangan ragu dengan pasaran jagung kuning, karena pemerintah pusat telah mengeluarkan standar harga jagung kuning.(*)