Peliput: Amirul — Editor: Ardi Toris

BATAUGA,BP-Cukup memuaskan, Rumah baca Labulawa Desa Tongali, Kecamatan Siompu mewakili Kabupaten Buton Selatan meraih juara II dalam ajang lomba perpustakaan tingkat provinsi Sultra

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mukmin mengatakan pencapaian rumah baca Labulawa Desa Tongali meraih juara II dalam ajang lomba perpustakaan tingkat provinsi Sultra itu cukup memuaskan. Namun tidak dipungkiri, memang masih ada kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi kedepan, apakah literaturnya, insfrastrukutur, penataan kearsipan atau yang lainnya.

Perpustakaan La Bulawa Desa Tongali, raih juara II lomba perpustakaan tingkat Provinsi Sultra Foto Amirul–BaubauPost

“Juara pertama Kabupaten Bombana, kedua Buton Selatan dan ketiga Wakatobi. Tetapi capaian itu kita cukup puas, karena ditahun sebelumnya kita meraih juara III,” kata Mukmin saat ditemui belum lama ini.

Dikatakannya, saat ini baru rumah baca Labulawa di Desa Tingali yang eksis. Padahal Buton Selatan memiliki 60 desa dan 10 kelurahan yang cukup potensial untuk tiap desa dan kelurahan membangun perpustakaan desa.

Kata Mukmin, perpustakaan yang diisi oleh berbagai bacaan yang merupakan jendela membuka wawasan. Perpustakaan juga penting untuk menurunkan status buta huruf.

Menurutnya, minat baca masyarakat Buton Selatan cukup tinggi. Kendala saat ini adalah infrastruktur pendukung yang belum memadai. Memang saat ini pihaknya memiliki beberapa unit perpustakaan keliling tetapi fasilitas itu belum dapat menjangkau seluruh wilayah Busel yang berada di wilayah kepulauan.

“Kita harap pemerintah desa juga mengambil peran dalam peningakatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) kita melalui perpustakan desa,jika pemerintah desa membangun fasilitasnya, kita akan dukung dengan menyiapkan buku-buku dan pembinaan,” tuturnya

Ditambahkannya, ia berharap ditahun-tahun depan bukan hanya Rumah Baca Labulawa Desa Tongali, namun akan lahir perpustakan-perpustakan baru didesa. (*)

Pin It on Pinterest