Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Stadion Utama Betoambari kini akan menjadi icon bari bagi pecinta olahraga di Kota Baubau. Karena sarananya akan dibenahi dan berstandar nasional. Menurut Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahrag Dispora Kota Baubau Maaruji Spd Mpd, sebenarnya anggaran yang diajukan untuk pemugaran Stadion Utama Betoambari itu sebesar Rp 15 miliar, namun yang terealisasi Rp 3 miliar.

salah satu sarana atletik di Stadion Betoambari
Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahrag Dispora Kota Baubau Maaruji Spd Mpd

“Anggaran ini digunakan untuk merenovasi tiga kegiatan yang ada dalam stadion Betaombari yaitu Rp 1,2 miliar untuk renovasi lapangan bola, Rp 800 juta untuk renovasi tribun, dan sisanya untuk merenovasi lintasan lari dan sarana atletik lainnya. Dan ini skalanya kita buat sudah berstandar nasional,” tutur Maarugi, Rabu (11/01/2022), ketika di temui di Lapangan Stadion Utama Betoambari.

Maaruji pun menjelaskan standar nasional yang dimaksud yaitu pertama ukuran lapangan bola dan juga standar ratanya lapangan. Dia menjelaskan ukuran lapangannya yaitu panjang 110 meter dan lebarnya 90 meter. Ini sudah standar Nasional. Pihaknya melakukan penimbunan terhadap lapangan ini agar dia mereta.

“Karena sebelumnya di sisi barat lapangan stadion ini miring. Kalau sekarang kita sudah kalibrasi, sehingga lapangan ini sekarang rata di empat sisi. Kalau di Sultra, setelah lapangah Lakidende, maka lapangan do Stadion Betoambari ini sudah berstandar nasional,” sambungnya. Selain itu, kata Maaruji, rumputnya diimpor langsung dari jepang.

Fasilitas lainnya yang sudah berstandar nasional, lanjut Maaruji, lintasan larinya. Dia mengungkapkan jumlah lintasan lari di Stadion Utama Betambari berjumlah delapan lintasan. “Jumlah lintasan ini sudah sesuai dengan standar nasional dan bisa digunakan untuk lomba atletik untuk cabang lari 100 meter, 200 meter, 800 meter dan 1500 meter,” ungkapnya.

Jenis tanahnya pun dipilih tanah lembek namun tidak becek, “Ini tanah yang biasa dibuat batu bata merah. Jenis tanah ini tidak licin dan tidak membuat atlit cidera bila terjatuh. jadi memang ini sudah standar. Selain itu kita juga merancang untuk arena lompat jauh dan lompat galak serta arena untuk tolak peluru,” terangnya.

baca juga: Wawali Baubau La Ode Ahmad Monianse Harap Revisi RTRW Beri Manfaat Positif Untuk Masyarakat

Menurut Maaruji Stadion Utama Betoambari ini mamang nantinya akan menjadi pusat pelatihan bagi pecinta olahraga baik yang senang untuk bermain bola maupun yang gemar dengan olahraga atletik. “Dispora Kota Baubau akan benar-benar memperhatikan lapangan ini karena dia berada dijantung Kota Baubau, mudah dijangkau dan kedepan akan dikelola dengan baik sehingga bisa menghasilkan PAD bagi Kota Baubau,” tutupnya. (***)

One thought on “Rumput Lapangan Diimpor Dari Jepang, Stadion Utama Betoambari Juga Memiliki Fasilitas Arena Atletik Yang Lengkap Berstandar Nasional”

Comments are closed.