Peliput: Prasetio M — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Dikarenakan rehabilitasi dermaga pelabuhan penyebrangan Labuan, maka untuk rute penyeberangan ferry Amolengo- Labuan dialihkan sementara dengan rute Amolengo-Pure.

Hal itu dibenarkan oleh Maneger Usaha ASDP cabang Baubau Supriadi saat di temui Baubau Post, Rabu (26/08).

” Iyah benar karena ada rehabilitasi dermaga pelabuhan penyeberangan Amolengo” ujarnya.

Tarif ferry penyeberangan Amolengo-Pure

Supriadi juga membenarkan besaran tarif angkutan penyeberangan Amolengo Pure telah beredar di masyarakat.Tarif angkutan penyeberangan tersebut berdasarkan surat Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor: 552.2/562, tentang persetujuan sementara tarif angkutan penyeberangan lintas Amolengo-Pure.

” Menunggu surat keputusan Gubernur Sultra belum keluar sehingga, Dinas Perhubungan Provinsi mengeluarkan surat persetujuan sementara sambil menunggu surat keputusan gubernur,” terangnya,

Untuk besaran tarif sendiri merupakan pengusulan dari pihak ASDP berdasarkan PM 66 Tahun 2019 Kementerian Perhubungan. Tarif angkutan sendiri dibagi atas tiga, pertama tarif penumpang yang terdiri atas penumpang dewasa dan penumpang anak-anak.

Kedua tarif kendaraan yang terbagi atas delapan golongan. Dan yang ketiga tarif barang berdasarkan berat tonase-nya.

Lanjut, untuk jadwal penyeberangan pihaknya merencanakan satu kali penyeberangan dari pelabuhan Amolengo pada pukul 08.00 wita dan dari pelabuhan Pure pukul 14.00 wita. Pasalnya waktu yang di tempuh untuk lintas antara pelabuhan Amolengo-Pure sekitar 5 jam menggunakan KMP Semumu.

” Dijadwalkan untuk rute Amoloengo-Pure mulai beoperasi pad tanggal 29 Agustus 2020,” tutupnya. (**)

Pin It on Pinterest