Wakil Ketua MPR RI didampingi Bupati Buton meninjau Tambang Aspal


-La Bakry: Saya Harap Aspal Buton Dipakai di Seluruh Ruas Jalan Indonesia

Peliput: Gustam

PASARWAJO, BP- Berkunjung di Kabupaten Buton, Wakil Ketua MPR RI, H Jazuli Fawaid berkesempatan melihat langsung Tambang Aspal, senin kemarin (14/09).

Wakil Ketua Umum PKB Bidang Pemenangan Pemilu itu mengaku, kagum akan potensi yang dimiliki Kabupaten Buton, termasuk kesejarahannya.

Wakil Ketua MPR RI didampingi Bupati Buton meninjau Tambang Aspal
Wakil Ketua MPR RI didampingi Bupati Buton meninjau Tambang Aspal

“Buton bukan hanya memiliki kekayaan aspal alam terbesar di dunia. Namun Buton ini adalah sebuah kerajaan besar yang memiliki latar kerajaan yang sangat tua. Dan konon Buton merupakan kerajaan yang demokratis, artinya Buton sejak zaman dulu sudah ada Pilkada,” kata H Jazuli Fawaid.

Jazuli yang saat itu disambut di Rumah Jabatan Bupati Buton juga mengaku, telah mendengar nama Buton sejak masih di bangku Sekolah Dasar (SD).

“Di SD ketika ditanya, pulau penghasil aspal, pasti jawabannya Buton. Ternyata betul di Buton Aspal begitu melimpah,” akunya.

Jazuli pun meminta Pemerintah Daerah untuk memberikan memperhatikan serius terhadap Aspal Buton. “Apalagi ketersediaan cadangan aspal Buton ini masih berkisar 600 ratus juta ton. Artinya kebutuhan aspal nasional di 1,5 juta pertahun akan terpenuhi,” tuturnya.

Selama ini, menurut dia, tata niaga aspal belum menjadi komponen dalam negeri yang dipakai di setiap pembangunan jalan yang ada di Indonesia. Infrastruktur jalan yang dibangun di Indonesia belum menggunakan aspal Buton. Lebih menggunakan aspal import.

“Padahal kita ini untuk menjadi berdaulat tentu harus menguatkan potensi yang kita punya termasuk di Buton ini,” terang Jazuli.

Dan ketika Aspal Buton dianggap tidak memenuhi, lanjut Jazuli, hal itu mengada-ada. Pasalnya, sudah ada teknologi yang bisa membuat aspal Buton memenuhi persyaratan yang diinginkan.

Sementara itu, Bupati Buton La Bakry berharap, kedatangan Wakil Ketua MPR RI tersebut menjadi promosi baru untuk kemajuan Aspal Buton, agar dapat digunakan di seluruh ruas jalan Indonesia.

“Buton memiliki aspal alam terbesar di dunia. Selain murah sehingga dapat menghemat devisa Negara,” harap orang nomor satu di Kabupaten Buton itu. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel:

KOMPLOTAN PERAMPOK BERSENJATA TAJAM YANG SEMPAT MENYEKAP KORBANNYA DI BUTON UTARA DITANGKAP POLISI

Kawanan perampok bersenjata tajam berhasil diamankan Polres Buton Utara (Butur). Kawanan perampok itu sempat menyekap korbannya dalam kamar. Mereka berasal dari luar Buton Utara. Sejumlah barang bukti berupa ATM, beras, parang, obeng, dan senjata tajam jenis lainnya termasuk linggis berhasil diamankan oleh aparat kepolisian Buton Utara.@BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest