Samsul Abdul Umar Samiun usai diberikan parang dari dari tiga tokoh kadie Pulau Tomia

Peliput: Zul Ps

WANGI-WANGI, BP – Sambangi pulau Tomia yang dikenal dengan masyarakat yang kental dengan karakteristik saling membantu (Pohamba-hamba_Red), Abdul Umar Samiun dideklarasikan adat dengan gelar La Ode Barani Mina Ini Tomia (Orang Berani Dari Tomia_Red)

Samsul Abdul Umar Samiun usai diberikan parang dari dari tiga tokoh kadie Pulau Tomia
Samsul Abdul Umar Samiun usai diberikan parang dari dari tiga tokoh kadie Pulau Tomia

Dikonfirmasi awak media Baubaupost pada Senin (09/11), La Beng mengatakan kegiatan pemberian gelar kepada Mantan Bupati Buton dua periode tersebut berjalan sukses dan lancar.

” Pemberian gelar adat oleh tokoh adat Kadie Timu, Kadie Tongano dan Kadie Waha kepada Samsu Umar Abdul Samiun SH dengan gelar Laode Barani Mina i Tomia sukses,” Ungkapnya.

Kata dia, pemberian gelar adat tersebut ditandai dengan pemberian pedang Hanusu dari meantu’u dari ke tiga kadie tersebut, yakni Kadie Timu, Kadie Tongano dan Kadie Waha yang berada di pulau Tomia.

Selain itu, La Beng juga mengatakan kedatangan politisi senior di Pulau Pohamba-hamba ini disambut baik oleh masyarakat, animo masyarakat terlihat dari penyambutan-penyambutan yang digelar dengan pengalungan selamat datang hingga arak-arak masyarakat hingga ke Desa Kulati kecamatan Tomia Timur.

BACA JUGA: Sambangi Pulau Gau Satoto-Wakatobi, Umar Samiun Disambut dan Diarak dari Pelabuhan Buranga Hingga ke Ambeua

” Alhamdulillah sambutannya juga luar biasa, semua teman-teman menjemput dengan suka rela. Meskipun diguyur hujan tidak kendor semangatnya,” Tukasnya

Untuk diketahui juga kedatangan Umar Samiun juga sekaligus melakukan penyerahan bantuan kemanusiaan terdampak covid-19 sebanyak 30 ton beras. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

One thought on “Sambangi Tomia-Wakatobi, Umar Samiun Diberi Gelar Adat La Ode Barani Mina I Tomia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest