Peliput : Amirul

Batauga,BP-Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang akan digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara tanggal 5 sampai 12 Februari 2022 itu bakal dilaksanakan semeriah mungkin.

Dikabarkan Presiden RI Jokowidodo berserta Menteri, Kedutaan Besar (Kedubes) dari perewakilan negera-negara serta tokoh pers nasioanal juga ikut menghadiri kegiatan tersebut.

Dari beberapa kabupaten yang ditunjuk untuk mengisi acara guna memeriahkan kegiatan HPN, Kabupaten Buton Selatan salah satunya diminta oleh panitia HPN 2022 untuk menampilkan tari-tarian asal Siompu Barat yang seluruh penarinya berkulit putih atau albino.

Kepala Dinas Kebudayaan La Ode Haeruddin mengatakan dari sisi pelatihan dari Sanggar Seni Hatibi Bula Cempaka Putih untuk tampil memeriahkan salah satu acara di HPN 2022 telah siap.

“Ada 4 pasang penari dan 3 anak cilik yang dijadwalkan tampil pada tanggal 7 Februari 2022 pada kegiatan HPN tersebut,” kata La Ode Haeruddin

Dikatakannya, sinopsis telah digarap dan sejumlah persiapan seperti penabuh gendang serta akomodasi telah dipersiapkan.

Ia berharap sanggar seni Hatibi Bula Cempaka Putih dapat memukau pengunjung yang menonton, serta menambah khazanah baru dikancah nasional, bahwa Buton Selatan eks wilayah Kesultanan Buton menyimpan keanekaragam kebudayaan yang cukup unik dan terus dilestarikan oleh masyarakatnya hingga saat ini.

“Salah satu identitas nasional Negara Indonesia yaitu tari-tarian tradisional di berbagai daerah. Negara kita terdiri dari berbagai daerah, yang mana setiap daerah di Indonesia mempunyai tari tradisionalnya sendiri, khusus di Buton Selatan tari-tarian tradisional cukup beranekaragam, setiap kecamatan bahkan desa memiliki ciri khas tersendiri, Tari dari Sanggar Seni Hatibi Bula Cempaka Putih dari Desa Molona Kecamatan Siompu Barat merupakan salah satunya,” tuturnya.

baca juga: Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Busel Rekomendasikan PT LIP, Garap APL Sampolawa

Ia menambahkan, saat ini yang tercatat di Dinas Kebudayaan Buton Selatan, sanggar seni yang telah memiliki akta baru enam antara lain, Sanggar Seni
Cempaka Putih Hatibi Bula dari Desa Molona, Kecamatan Siompu Barat, Sanggar Seni Sumpa Buso Kelurahan Jayabakti Kecamatan Sampolawa, Sanggar Seni Labuluranda Desa Hendea Kecamatan Sampolawa , Sanggar Seni Sinar Kemilau Kecamatan Batuatas, Sanggar Seni Binawakili Desa Ngula-ngula Siompu dan Sangar Seni Kabelengkau Desa Lapandewa Makmur Kecamatan Lapandewa. (*)

Comments are closed.