Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP – Personil Satuan Tugas (Satgas) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau membersihkan pohon tumbang yang diakibat angin kencang dan hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Baubau dan sekitarnya beberapa waktu belakangan ini, Kamis (20/01).

Sejumlah anggota Satgas BPBD Baubau saat melakukan pembersihan pohon tumbang diwilayah Kelurahan Katobengke

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Baubau La Ode Muslimin Hibali mengatakan, usai menerima laporan masyarakat tentang tumbangnya pohon di wilayah kelurahan Katobengke, tepatnya di jalan Merpati depan Kantor KPU Baubau, pihaknya langsung bergegas menuju lokasi dengan membawa sejumlah peralatan untuk melakukan penebangan dan pembersihan sisa-sisa pohon yang tumbang.

” Usai menerima laporan tersebut, anggota langsung bergegas menuju lokasi untuk melakukan pemotongan dan pembersihan pohon tumbang tersebut,” ujarnya.

Dikatakan, personil yang melakukan pembersihan berjumlah 1 regu yang terdiri dari 8 orang. Adapun setiap harinya Satgas BPBD Baubau menyiagakan 2 regu untuk mengantisipasi dan merespon laporan masyarakat terkait bencana yang terjadi di Kota Baubau.

” Kami siagakan dua regu dan tiap regunya terdiri dari delapan orang. Untuk laporan pohon tumbang tiap regu dibekali satu buah mesin senso, sehingga jumlah mesin senso yang disiagakan ada dua, ” ungkapnya.

Lanjut ia juga menambahkan jika beberapa waktu lalu pihaknya juga melakukan pemotongan dan pembersihan pohon tumbang diwilayah restoran Lakeba dan belakang kantor Walikota Baubau. ” Kemarin juga ada dua lokasi, dekat resto lakeba dan belakang kantor walikota,” tambahnya.

baca juga: Jelang Pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia 6 Hinggga 11 Tahun, Pemkot Baubau dan Pengurus Komite Gelar Rapat Bersama

Atas kondisi cuaca burik yang menerjang Kota Baubau beberapa hari ini, La Ode Mislimin Hibali menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaanya dalam beraktifitas, terutama saat terjadinya hujan disertai angin kencang. Hindari tempat-tempat yang memiliki pohon besar yang berpotensi tumbang, serta lokasi yang rawan longsor. (*)

Comments are closed.