Muhammad Husni Ganiru

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP – Menyikapi keluhan masyarakat akan banyaknya Pemulung yang mangkal di Lampu merah, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Baubau melakukan penertiban. Alhasil 30 pemulung yang mangkal di beberapa lokasi lampu merah di Kota Baubau di amankan.

Kabid Tibum Satpol PP Muh Husni Ganiru saat di temui Baubau Post, Selasa (15/09) mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan razia terhadap pemulung yang sengaja mangkal di beberapa titik lampu merah di Kota Baubau.

Muhammad Husni Ganiru
Muhammad Husni Ganiru

” Setalah kita investigasi kemarin, kita mengamankan sekitar 30 pemulung terdiri dari orang tua dan anak-anak. Jika memulung itu tidak ada maslah, tetapi jangan lagi membentangkan gardus di lampu merah itu, karena apapun alasannya itu pasti meng iba, meminta belas kasih orang,” kata Hunsi.

Menurut hasil investigasi pihaknya, kegiatan dengan motif memulung dan mangkal dilampu merah dengan melibatkan anak-anak merupakan kegiatan yang terorganisir. Pasalnya ada orang tua yang hanya menitip anak-anaknya kepada orang lain untuk berada di sejumlah titik lampu merah.

” Buktinya kemarin waktu anak-anaknya kita amankan, kita kasih makan minum dan kita savety disini, terus datang orang tuanya. Ada yang datang suami ambil istrinya, ada mamanya yang ambil anaknya, artinya bahwa memang ternyata ada kayak diorganisir,” terangnya.

Lanjut dikatakan, saat pihaknya berkoordinasi dengan kelurahan setempat agar para pemulung tersebut mendapatkan bantuan pemerintah. Rupanya para pemulung yang di amankan oleh pihaknya sebagian besar bukan warga Kota Baubau.

” Dan rata-rata sebagaian itu bukan warga kita (Baubau-red) karena kemarin kami fasilitasi mereka dapat bantuan dari kelurahan, ternyata mereka tidak punya indetitas KTP Kota Baubau. Ada yang dari Raha, Maluku, ada yang dari seberang Buton Tengah jadi kita agak susah,” tutupnya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel:

BUPATI BUTON LA BAKRY ‘HAMBUR’ 3000 MASKER DI PASAR SABHO DAN KALOKO

Pasca lima warganya positif corona, Bupati Buton La Bakry bersama wakilnya dan Forkopimda Buton membagikan masker sebanyak 3000 buah di Pasar Sabho dan Kalolo. masyarakat di dua pasar pun sangat antusias mendapatkan masker gratis dari Pemda Buton. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest