Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH saat memberikan sambutan

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH hadir dan membuka diskusi publik refleksi satu tahun gelar pahlawan nasional Oputa Yi Koo dengan tema, ” Mengenang Perlawanan Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yikoo) yang Menentang Penjajahan Belanda di Wilayah Kesultanan Buton” Rabu malam (25/11). Diskusi tersebut digagas elemen kepemudaan di Baubau yakni Pemuda PO 5 dan KAMMI Baubau.

 Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH saat memberikan sambutan
Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH saat memberikan sambutan

Melalui rilis Dinas Kominfi Kota Baubau, dalam sambutannya Walikota Baubau H AS Tamrin mengatakan, semangat pahlawan nasional dari Buton yakni Sultan Muhammad Saidi atau yang lebih dikenal juga dengan Oputa Yi Koo harus benar-benar diwarisi oleh semua elemen di negeri ini.

Menurutnya, kegiatan diskusi public ini sangat diapresiasi dan menjadi penting, sehingga bukan hanya seremonial saja namun hikmah dari acara ini harus diresapi.

“Semangat ini harus diwarisi benar-benar jangan hanya kamuflase pernyataan dengan narasai-narasi yang indah dan ini harus komprehensif sikap dalam bertindak harus mencerminkan semangat kepahlawanan dan yang paling inti adalah nilai-nilai yang diterapkan sebab memiliki satu kesatuan yang utuh,”ujarnya.

Ia menceritakan, jika semangat untuk menjadikan Oputa Yi Koo sebagai pahlawan nasional sudah sejak lama digaungkan, yakni sejak dirinya bertugas di kantor pertanahan Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama tokoh-tokoh Buton di Kendari saat itu. Semangat itu, terus digelorakan pula ketika Drs H MZ Amirul Tamim, M.Si menjabat sebagai Walikota Baubau pada tahun 2005 lalu.

Dikatakan, semangat terus bersambut dan terwujud pada tahun 2019 ketika dirinya menjabat sebagai Walikota Baubau. Karena itu, inti sesungguhnya dari semangat perjuangan ini adalah kekompakkan yang menjadi satu kekuatan yang sangat dasyat, termaksud dengan kedatangan beberapa pemateri dalam diskusi seperti, Bupati Buton Drs La Bakri, M.Si, Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari, SH, SIK, Dr La Ode Munafi, dan Dr Tasrifin Tahara yang sangat mencerminkan kekompakkan.

Untuk diketahui, usai membuka kegiatan diskusi, Walikota Baubau Dr H AS Tamrin, MH memaparkan materinya dengan judul, nilai kejuangan dalam saraapataanguna, menemukan semangat kepahlawanan Sultan Himayatuddin (Oputa Yi Koo/Lakarambau) sebagai pahlawan nasional.

baca juga: Dua Pahlawan Nasional Asal Buton Namanya Akan Diabadikan Jadi Nama Jalan di Pasarwajo

Pada kesempatan itu pula, Bupati Buton Drs La Bakri, M.Si, Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari, SH, SIK, Dosen Unidayan Baubau Dr La Ode Munafi, Dosen Unhas Makassar Dr Tasrifin Tahara juga turut memaparkan materi. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest