Laporan: Kasrun

BURANGA, BP- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Laea Desa Laea Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara (Butur) disegel warga. Penyegelan ini sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu.

SDN 1 Laea di Butur Disegel Warga

Warga yang melakukan penyegelan, Baharuddin Rikundono mengatakan, sekolah tersebut terpaksa disegel karena tanah tempat bangunan sekolah tersebut merupakan milik orang tua mereka, La Rikundono.

“Tidak seorangpun yang menyaksikan kalau tanah itu bukan milik kami atau lahan kami. Itu masalah status lahan,” katanya pada saat dikonfirmasi melalui via telepon selularnya, Kamis (30/09/2021).

Meski melakukan penyegelan, lanjut Baharuddin, bukan berarti proses belajar mengajar disekolah itu juga dilarang. Proses belajar mengajar tetap berlangsung seperti biasa.

“Kalau memang bangunan pemerintah kan tentu ada sertifikatnya. Atau setidaknya proses hibah. Kalau memang itu tidak ada maka tanah itu milik masyarakat,” jelasnya.

Menurut dia, penyegelan itu akan diakhiri jika antara pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan pihak keluarga telah memiliki kesepahaman. Selama proses itu tidak terjadi, maka penyegelan akan terus dilakukan.

Sebenarnya, lanjut dia, kesepahaman antara pihak keluarga dan Dinas Pendidikan sudah ada. Sehingga saat itu Kepala Dinas Pendidikan yang masih di jabat H. La Hidi meminta dibuat akta hibah.

“Maka kita buatlah hibah bersyarat. Tapi karena dia (H. La Hidi) menolak maka hibah itu saya tarik kembali,” jelas Baharuddin.

Dia menambahkan, sebenarnya pihak keluarga tidak semena-mena ingin mengambil pekerjaan rehabilitasi sekolah tersebut tanpa mengikuti syarat-syarat administrasi yang dibutuhkan.

“Kita juga mengerti dengan proses lelang, dan itu juga kita lakukan,” ujarnya.

baca juga: Miris ! Bupati Butur Mengaku Tak Tahu Lantik Pejabat ‘Bermasalah’

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Utara Kusman Surya yang dikonfirmasi via telepon selularnya, Kamis 30 September 2021, belum bersedia memberikan keterangan.

One thought on “SDN 1 Laea di Buton Utara Disegel Warga”

Comments are closed.