Peliput : Amirul
Batauga,BP-Perkembangan sejumlah destinasi wisata di Buton Selatan cukup baik, hal itu sejalan dengan pertumbuhan minat masyarakat untuk berkunjung untuk sekedar menikmati keindahan alam Buton Selatan.

Apalagi potensi wisata itu telah dipoles dengan sejumlah fasilitas umum, sehingga pengujung akan merasa nyaman dan betah.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, Buton Selatan La Hardin

Hadirnya sejumlah destinasi wisata itu, ada peluang bagi warga untuk mengais rezeki dari pengujung, yakni dengan berjualan jajanan atau lain sebagainya.

Untuk itu, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Buton Selatan bakal menfasilitasi sejumlah gerobak jualan untuk para pelaku UKM setempat di sejumlah destinasi wisata.

“Tahun ini kurang lebih 99 gerobak jualan untuk mendukung fasilitas sejumlah destinasi wisata di Busel,” ucap Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Buton Selatan, La Hardin belum lama ini.

Kata dia, fasilitas pendukung gerobak jualan untuk para pelaku UKM itu disebar di sejumlah destinasi wisata di lima Kecamatan, yakni Batauga, Sampolawa, Kadatua, Siompu, dan Siompu Barat.

Tahun ini, porsi yang terbanyak berada di Kecamatan Batauga dan Sampolawa. Ia merinci, di destinasi wisata Kabura-burana sebanyak 15 unit gerobak jualan dan ditaman Majapahit ada 19 unit Disepanjang tanggul Kelurahan Katilombu ditempatkan 14 unit dan Destinasi Jembatan lingkar Lapoili 19 unit.

“Kalau wilayah Kepulauan, seperti Siompu barat ada 13 unit tepatnya berada di destinasi wisata pasir panjang, untuk Kadatau ada di spot wisata Tebing Labulengke, 10 unit dan Siompu di Desa Karae 10 unit juga,” katanya.

baca juga: Maksimalkan Mitigasi Bencana, BPBD Busel Tingkat SDM TRC

Dia menambahkan, sejumlah fasilitas pendukung bagi para pelaku usaha UKM yang berada dititik spot destinasi wisata itu diharapkan dapat meningkatkan ekonominya. (*)

Comments are closed.