Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP-Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd., Sabtu (19/2/2022) telah melantik pengurus Satuan Karya (Saka) Pramuka Wanabakti Masa Bakti 2022-2027 untuk Majelis Pembimbing dan Pembina Saka, serta Masa Bakti 2022-2025 untuk Pamong Saka dan Instruktur Saka.


“Sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Baubau, saya mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus Saka Wanabakti ini,” ujar Dr. Roni Muhtar, M.Pd. dalam sambutannya, pada acara pelantikan yang dilaksanakan di aula kantor Balai Taman Nasional Wakatobi Kota Baubau tersebut.
Sekda Baubau ini mengatakan, sejalan dengan ajaran agama, pendidikan Pramuka juga memiliki tujuan untuk membangun keteraturan dan membangun harmoni dalam kehidupan bermasyarakat. Yang mana, hal tersebut selalu disampaikan di setiap sambutannya pada kegiatan-kegiatan kepramukaan.
“Kita berpramuka ini ternyata juga bagian dari pelaksanaan perilaku kita sebagai insan beragama. Karena semua hal baik akan dilakukan dalam pramuka, yang mana ini sebagai bagian dari praktik kehidupan, misalnya perilaku yang sopan dan santun yang juga diajarkan dalam pramuka,” tuturnya.
Lebih lanjut Dr. Roni Muhtar mengatakan, berpramuka adalah pilihan terbaik untuk berbakti kepada bangsa dan negara. Pasalnya, melalui kegiatan-kegiatan kepramukaan, masa depan generasi muda sebagai penerus bangsa akan menjadi lebih teratur dan terhindar dari hal-hal negatif.
Untuk itu, Dr. Roni Muhtar Roni Muhtar mengajak pengurus Saka Wanabakti, untuk membangun dan menghidupkan kembali aktivitas saka pramuka yang sempat hilang sebelumnya. Dengan demikian, semua apa yang telah dirintis dan dibangun oleh para pendahulu dapat terus dibangkitkan.

baca juga: Siap Sukseskan Porprov ke-XIV Sultra, PBESI Baubau Gelar Kompetisi Rekreut Atlet
“Saya berharap saka pramuka Wanabakti bisa menjadi pionir, menjadi perintis, dan pemula dari upaya-upaya kebaikan yang dilakukan oleh saka-saka yang lain. Tugasnya kita adalah menularkan kebaikan, buktikan bahwa pramuka adalah pilihan yang benar untuk kita berorganisasi, dan jangan ada keraguan kita dalam berpramuka,” tutupnya.(**)