Laporan: Prasetyo M

BAUBAU, BP-Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd. mengajak seluruh mahasiswa Universitas Muslim (UMU) Buton, untuk membuat perubahan guna meningkatkan taraf kehidupannya masing-masing. Pasalnya, tanpa adanya upaya untuk melakukan perubahan, maka akan lebih sulit dalam menggapai apa yang telah dicita-citakan.
Ajakan tersebut disampaikan Dr. Roni Muhtar, M.Pd. melalui sambutannya saat mewakili Wali Kota Baubau pada acara pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa baru UMU Buton Tahun Ajaran 2021/2022 di halaman kampus UMU Buton Kota Baubau, Sabtu (11/9/2021).

Sekda Baubau Dr Roni Muhtar di UMU-Buton


“Perlu kita ingat bahwa yang abadi itu bukanlah kepentingan, namun yang abadi adalah perubahan, Karena hanya dengan perubahanlah kita dapat meraih masa depan yang gemilang. Kalau dalam hidup ini kita sama sekali tidak melakukan perubahan maka kita tidak akan pernah menggapai masa depan sebagaimana yang kita harapkan,” ujar Dr. Roni Muhtar,. M.Pd.
Menurut Dr. Roni Muhtar, untuk menjadi orang sukses, setiap orang harus mengetahui pada posisi mana dia berada. Yaitu dengan memahami apa yang menjadi kemampuannya, serta inovasi apa yang harus dia lakukan untuk bisa membuat perubahan dimasa yang akan datang.
“Tentu dalam melakukan lompatan pengembangan diri, kita juga harus memiliki semangat optimis, yang didukung oleh upaya-upaya yang kreatif dan inovatif. Selain itu kita juga harus dapat menjadi orang yang dapat dipercaya, yang memiliki integritas serta konsisten dengan apa yang telah dikerjakan,” tuturnya.
Dikatakan, di UMU Buton, semua mahasiswa dari tiap-tiap fakultas telah dibekali dengan pengetahuan tentang kewirausahaan. Di mana program tersebut telah dijalankan oleh UMU Buton sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada semua mahasiswa tentang pengetahuan dasar dalam berwirausaha.
“Saya kira itu bagus, walaupun ada juga fakultas yang secara spesifik mempelajari serta mendalami soal kewirausahaan. Program ini juga sangat sejalan dengan Visi Misi pembangunan Kota Baubau yang dirumuskan oleh Wali Kota kita bapak Dr. H. AS Tamrin, MH. bersama bapak La Ode Ahmad Monianse. Yaitu ingin menjadikan Baubau sebagai Kota yang Maju, Sejahtera, dan Berbudaya,” ungkapnya.
“Indikator maju itu, kalau masyarakat Baubau ini sebahagian besar adalah orang-orang yang Entrepreneurship, dan itulah ukurannya untuk menjadi kota yang maju. Sehingga, dalam rangka untuk menjadikan masyarakat Baubau sebagai orang-orang yang Entrepreneurship, maka Pemerintah Kota Baubau melalui dinas-dinas terkait ditekankan agar porsi anggarannya diperbesar,” imbuhnya.

baca juga: PAD Menurun, Wawali Baubau La Ode Ahmad Monianse Tekankan Pentingnya Mencari Sumber Pendapatan Baru
Lebih lanjut Dr. Roni Muhtar mengatakan, upaya tersebut dilakukan agar geliat UMKM bisa menjadi pilar utama untuk mewujudkan masyarakat Baubau yang sejahtera. Untuk itu, pihaknya berkomitmen, untuk terus berupaya memberikan dukungan agar UMKM di Kota Baubau dapat berkembang seiring dengan banyaknya masyarakat yang berwirausaha.
“Apa yang di lakukan oleh Universitas Muslim Buton ini sangat sejalan dengan apa yang menjadi visi misi Pemerintah Kota Baubau. Untuk itu kita berharap, agar dimasa-masa yang akan datang akan ada alumni Universitas Muslim Buton yang menjadi pengusaha sukses di Kota Baubau,” pungkasnya.(*)

One thought on “Sekda Baubau Roni Muhtar Ajak Mahasiswa UMU Buton Buat Perubahan”

Comments are closed.