Peliput : Amirul

 

Sekda Busel Drs La Siambo

BATAUGA, BP – Sekretaris Daerah Buton Selatan defenitif yang baru dilantik, Drs La Siambo di tahun 2018 akan mulai mengambil peran dalam membangun Buton Selatan (Busel) dengan menata disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) Busel dan meningkatkan potensi Sumber Daya Manusianya (SDM).

“Saya memulai dengan menertibkan disiplin ASN Busel kemudian melakukan langkah peningkatan Sumber daya Manusianya sehingga melahirkan ASN yang berdaya saing ditahun-tahun mendatang,” kata Siambo saat ditemui di gedung Lamaindo, belum lama ini.

Menurutnya, untuk meningkatkan disiplin diawali dengan perubahan jadwal hari kerja, dari enam hari ke lima hari kerja, sehingga pelayanan pemerintah kepada masyarakat dapat berjalan dengan lebih baik, mulai pagi hari hingga sore hari. Namun mempekerjakan ASN hingga sore harus diberi dengan hak tunjangan lauk pauk.

“Jika tahun sebelumnya tunjangan uang lauk pauk tidak diberikan, ditahun 2018 akan diberi karena sudah dianggarkan. Lima hari kerja guna mengefektifkan pelayanan masyarakat,” tuturnya

Pria yang berawal karir dari Sekcam eselon Va ini mengatakan, untuk pengembangan Sumber Daya Manusia ASN Busel, maka akan dilakukan kegiatan pelatihan-pelatihan peningkatan jabatan yang dianggarkan ke setiap SKPD.

“Wajib Pemerintah memberi ruang kepada pegawai untuk mengembangkan diri, seperti pelatihan diklat Pim III dan Pim II, saya akan usulkan ke Bupati untuk dianggarkan di SKPD masing-masing, karena kondisi pegawai Busel saat ini masih sangat kekurangan,” ujarnya.

Ditambahkannya, jabatan Sekda itu adalah membantu Bupati dalam rangka menyusun kebijakan dan melaksanakan serta mengkoordinir seluruh tugas SKPD sebagai pelayan administrasi.

“Sekda menjalankan visi misi Bupati dalam hal ini yang telah tertuang dalam RPJMD itu yang akan dijalankan oleh SKPD maupun Sekda Busel,” tukasnya. (*)

Pin It on Pinterest