Peliput: Darson

BURANGA, BP – Masih banyaknya PNS lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Utara (Butur) yang malas berkantor membuat geram Pelaksana tugas Sekertaris Daerah (Sekda) Laode Baharuddin.
Jenderal aparatur negara di Butur ini mengatakan PNS seharusnya butuh kesadaran diri dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sehari-hari.
Meskipun dirinya disetiap kesempatan selalu menyampaikan dan menekanan agar selalu disiplin. Namun, masih saja tetap malas masuk berkantor.
“Kalau terkait kemalasan PNS ini saya sudah tekankan agar itu tidak lagi terjadi,” kata La Ode Baharuddin ketika ditemui di kantornya, Rabu (23/11).
Sebenarnya PNS, sambung dia sudah termaksud kategori dewasa yang bisa membedakan yang mana baik dan yang mana tidak baik. Tidak perlu lagi harus dijaga agar menjalankan tugas.
“Apalagi PNS yang sudah lama bekerja yang seharusnya sudah bisa membedakan aturan yang mana baik dan yang mana tidak baik. Pegawai yang baik itu yang ikut aturan, kalau tidak bisa membedakan berarti pura-pura tidak tahu,”herannya.
Kedisiplinan, jelas Baharuddin harus diterapkan pada diri sendiri. Dimana, PNS apapun alasannya ketika malas berkantor ada sangsi sesuai UU yang berlaku. Apabila tidak memenuhi unsur-unsur melanggar disiplin pegawai tentu diberi sangsi ringan, sedang dan berat. Apalagi sekarang ada penajaman dengan lahirnya UU ASN dimana sangsinya jelas.
“Sumber kebaikan itu dari disiplin, disiplin terhadap regulasi yang ada. Kerana memang tugas Sekda membantu kepala daerah, termaksud merumuskan berbagai bentuk kebijakan terbaik yang diketahui oleh pimpinan,” tegasnya.
Oleh karena itu, Baharuddin yang juga menjabat Kadis Kehutanan Butur ini mengharapkan kepada para PNS lingkup Pemda Butur agar selalu disiplin.”Itu jelas aturannya, jangan hanya ada pimpinan baru masuk kerja, tapi kalau pimpinan keluar daerah tidak masuk kantor,” imbaunya.(***)

Pin It on Pinterest