BAUBAU, BP- Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau Roni Muhtar belum dapat berbicara banyak soal perekrutan Dirut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Dikonfirmasi di sela-sela kegiatannya, Selasa (04/02), Jenderal ASN Kota Baubau itu enggan berkomentar. Ia hanya berkata dengan menggunakan bahasa daerah (wolio-red) yang artinya belum.

“Yindapo,” singkat Roni sembari menuju mobilnya.

Sementara itu, telah diberitakan sebelumnya, anggota DPRD Baubau H Kamil Ady Karim mengkritisi terkait tidak adanya perekrutan Dirut PDAM Baubau hingga saat ini.

“Sudah lama belum ada perekrutan Dirut PDAM Kota Baubau. Walikota Baubau memang pernah memanggil Sekda Pak Roni Muhtar dan Plt Dirut PDAM Pak Ali Hasan tahun lalu menanyakan perihal kenapa sampai belum ada seleksi Dirut PDAM Kota Baubau. Waktu itu kalau tidak salah ingat jawabannya memang sementara belum ada anggaran penyeleksiannya,” ucap H Kamil Ady Karim di awal bulan kemarin.

Memang kemungkinan tidak ada masalah teknis hingga saat ini PDAM Baubau dibawa kepemimpinan Ali Hasan. Tapi alangkah baiknya, Lanjut Kamil Ady Karim, perekrutan Dirut PDAM Kota Baubau segera dilaksanakan mengingat Ali Hasan statusnya sebagai ASN Kota Baubau, pengganti sementara ketika terjadi kekosongan pimpinan.

Dia pun mencoba menghubungi Plt Dirut PDAM Ali Hasan untuk mempertanyakan kapan pelaksanaan seleksi Dirut PDAM Kota Baubau via ponselnya. “Berdasarkan jawaban Ali Hasan dijadwalkan bulan Februari tahun 2020 seleksi Dirut PDAM Kota Baubau akan dilaksanakan, karena memang baru ada anggarannya tahun ini,” lanjut Kamil Ady Karim.

Wakil Ketua DPRD Kota Baubau itu menjelaskan, berdasarkan jawaban yang diperolehnya dari Ali Hasan, kenapa sampai tahun 2019 pelaksanaan Dirut PDAM Kota Baubau tidak dapat dilaksanakan karena anggarannya memang tidak ada. Sebenarnya, Lanjut Kamil Ady Karim, pernah pelaksanaan seleksi Dirut PDAM Kota Baubau mau dilaksanakan pada akhir tahun 2019, dimana anggarannya mau dimasukan pada APBD Perubahan, namun karena tidak ada finalisasi APBD Perubahan 2019 akhirnya perekrutannya tidak jadi dilakukan saat itu, “Begitu penjelasan Pak Ali Hasan tadi,” ucap Kamil Ady Karim. BPKP pun pernah melakukan teguran terkait jabatan rangkap yang diemban Ali Hasan yaitu sebagai Kabag Ekonomi dan sebagai Plt Dirut PDAM Baubau.

Sekedar diketahui Pasca pasangan Tampil Manis dilantik September 2018, dua bulan setelahnya Walikota Baubau Dr HAS Tamrin sudah mulai ancang-ancang memanggil beberapa Pegawai Sekertariat Pemkot Baubau termasuk Plt Dirut PDAM Ali Hasan yang juga kini menjabat sebagai Kabag Ekonomi Sekertariat Kota Baubau untuk menggodok aturan main dan persyaratan perekrutan Dirut PDAM Kota Baubau yang disesuikan dengan aturan pusat. Namun hingga saat ini belum ada agenda resmi yang dikeluarkan pihak Pemkot Baubau, kapan perekrutan Dirut PDAM Kota Baubau dilaksanakan.

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest