Peliput: Hengki TA — Editor: Hasrin Ilmi

LABUNGKARI, BP – Tahun ajaran baru tinggal menghitung hari, tepatnya jatuh pada tanggal 13 Juli 2020 mendatang. Khususnya untuk seluruh sekolah di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), akan menerapkan proses sistem kelompok belajar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, Abdullah saat dikonfirmasi mengatakan, meski kabupaten Buteng masih dalam kategori zona merah pandemi virus corona atau covid-19, pihaknya tetap akan menjalankan proses belajar saat masuki tahun ajaran baru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, Abdullah

“Mulai dari TK, SD hingga SMP di Buteng, akan tetap menjalankan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan sistem kelompok,” jelasnya.

Lanjutnya, hal tersebut dilakukan pada proses pembelajaran sebelumnya dinilai kurang efektif. Dimana, pada beberapa bulan kemarin selama pandemi covid-19 sekolah di Buteng menerapkan proses pembelajaran via daring dan pemberian tugas hingga pemberian buku paket.

“Pembelajaran kali ini menggunakan sistem belajar kelompok, dalam satu kelompok itu jumlah siswamya terdapat lima orang,” tuturnya.

Selain itu, untuk para guru akan berkeliling ke masing-masing kelompok untuk memberikan pelajaran dengan waktu yang di tentukan. Dimana, waktu mengajar masing-masing kelompok kurang lebih satu jam dan juga akan diberikan tugas.

Kemudian, dalam sistem kelompok belajar tersebut, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan. Rumah yang di tunjuk untuk tempat kelompok belajar, akan disedikan alat pelindung diri (APD) dan tempat cuci tangan.

“Dengan begini, seluruh siswa bisa memperoleh haknya dalam mendapatkan pendidikan, meski dalam pandemi covid-19,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest