Ade Herwansyah

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Pengelolaan Pelabuhan Perikanan Wameo Kota Baubau, menunjukkan perbaikan. Sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat pesat.

Ade Herwansyah
Ade Herwansyah

Laporan pendapatan per September 2020 totalnya sudah Rp 529.449.800. Jika dirinci sektor pendapatan ini terdiri dari penjualan es balok Rp 199.180.000, Cold Storage Rp 214.569.800, dan penarikan retribusi Rp 115.700.000.

Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Wameo, Ade Herwansyah mengatakan, untuk target PAD tahun ini Rp 600 juta. Pihaknya optimis sebelum akhir tahun sudah tercapai.

“Bulan depan mudah-mudahan sudah mencapai target, sehingga tutup tahun nanti melampaui target,” katanya.

Khususnya untuk retribusi lanjutnya, sudah melebihi target. Tahun ini pihaknya menargetkan retribusi Rp 80 juta dan yang sudah diperoleh Rp 115.700.000.

“Tahun ini peningkatannya pesat sekali dan sudah melewati dari target yang ditetapkan,” katanya.

Pihaknya mengharuskan setiap ikan-ikan yang masuk ke Kota Baubau baik melalui darat maupun laut, harus ditarik retribusinya. UPTD Pelabuhan Perikanan Wameo memang memperketat penarikan retribusi untuk peningkatan sektor PAD.

“Jadi masuk ke sini dulu (UPTD Pelabuhan Perikanan Wameo), baru disebar ke tempat-tempat penjualanya mereka,” terangnya.

Tidak hanya dari Kota Baubau, ikan yang ditarik retribusinya juga berasal dari luar daerah seperti Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Buton, maupun Buton Tengah. UPTD Pelabuhan Perikanan Wameo, menjadi sentral berkumpulnya ikan-ikan hasil tangkapan nelayan di Kota Baubau dan daerah sekitarnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk penarikan retribusi tidak lagi disetorkan ke UPTD Pelabuhan Perikanan Wameo. Nelayan atau pemilik ikan membayarnya melalui bank berdasarkan slip retribusi yang dikeluarkan UPTD Pelabuhan Perikanan Wameo. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

ISTRI & ANAK ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SEDIH SAKSIKAN PEMAKAMANNYA

ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SAAT TUGAS OLEH SEORANG PEMUDA DI KELURHAN NGKARING-NGKARING, KECAMATAN BUNGI, KOTA BAUBAU DIMAKAMKAN DENGAN UPACARA MILITER. ANAK DAN ISTRI ALMARHUM SERDA BASO HADANG TERLIHAT SANGAT SEDIH DAN PILU MENYAKSIKAN DETIK-DETIK UPACARA PEMAKAMAN SUAMINYA. SEMOGA ALMARHUM DITERIMA DISIS ALLAH SWT DAN KELUARGA YANG DITRINGGALKAN DIBERIKAN KETABAHAN HATI. AMIN. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest