KENDARI- Peringatan dini cuaca Sulawesi Tenggara pukul 14.00 hingga sore yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebutkan ada sembilan kabupaten di Sultra berpotensi hujan sedang.

“Selain hujan sedang disertai kilat dan petir juga berpotensi angin kencang, sehingga masyarakat harus tetap waspada,” ujar Koordinator Observasi dan Informasi Meteorologi dan Maritim Kendari, Faizal Habibie yang diterima, Sabtu.

Sembilan kabupaten tersebut yakni, kabupaten Kolaka meliputi kecamatan Wundulako, Kolaka, Pomalaa, Baula, Latambaga, Tanggetada, Samaturu dan Toari.

Kabupaten Konawe meliputi Pondidaha, Besulutu, Kabupaten Konawe Selatan meliputi kecamatan Landono, Mowila, Buke, Baito, Basala dan kecmatan Sabulakoa, dan Kabupaten Bombana pada kecamatan Kabaena, Kabaena Timur, Kabaena Selatan, Kabaena Barat, Kabaena Utara dan Kabaena Tengah.

Kabupaten Kolaka Utara berpotensi hujan di kecamatan Lasusua, Rante Angin, Lambai, Kabupaten Konawe Utara kecamatan Asera, Kabupaten Kolaka Timur meliputi kecamatanTirawuta, Lambandia, Lalolae, Tinondo, Aere, Ueesi.

Kabupaten Buton Tengah menjangkau pada kecamatan Lakudo, Mawasangka Timur, Talaga Raya dan Kabupaten Buton Selatan berpotensi hujan di kecamatan Batu Atas, dan sekitarnya.

“Dan dapat meluas terjadi hujan sedang pada malam hari ke wilayah kabupaten
Kolaka, Konawe, Muna, Buton, Konawe Selatan dan Bombana, Kolut, Koltim, Buton Selatan dan Kota Baubau,” ujar Faizal.

baca juga: Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo Dibebastugaskan Sementara, Kapolda Tunjuk Plh AKBP Suherman Sanusi

Dan adapun kondisi suhu udara saat itu antara 24 – 32 derajat celsius kelembaban udara antara 65 – 95 persen dengan kecepatan angin bertiup dari Timur Laut – Tenggara per 2 – 15 km/jam.(antara)