Baubau Alami Deflasi terdalam di Sulawesi

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau mencatata jika Baubau pada bulan September 2020 merupakan kota di Pulau Sulawesi mengalami deflasi terdalam yakni, 0,40 persen, sementara Kota Kendari deflasi mencapai 0,26 persen.

Baubau Alami Deflasi terdalam di Sulawesi
Baubau Alami Deflasi terdalam di Sulawesi

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPS Kota Baubau Sudirman K saat di temui media di ruang kerjanya, Kamis (01/10).

” Kita lihat Deflasi terdalam itu terjadi di Kota Baubau dengan deflasinya sebesar 0,40 persen, menyusul Manado sebesar 0,36, kemudian Mamuju dengan deflasi 0,34 persen, kemdian Kota Mobangu sebesar 0,33 persen, Watampone 0,31 persen, Palopo deflasi 0,17 persen, Palu deflasi 0,10 persen, Gorontalo deflasinya sebesar 0,06 persen, Bulukumba dan Makasar sebesar 0,05 persen, Luwuk dan Pare-pare deflasi sebesar 0,18 persen dan Kota Kendari deflasi sebesar 0, 26 persen,” kata Sudirman K.

Dikatakan, dengan deflasi di bulan September sebesar 0,40 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 103,93 persen, sehingga dari tahun 2018 hingga September 2020, Baubau mencapai inflasi sebesar 3,93 persen. Dilihat dari 90 kota secara nasional, 56 kota mengalami deflasi dan 34 Kota mengalami inflasi.

Lanjut, deflasi yang terjadi di Kota Baubau disebabkan oleh turunnya sebagian besarindeks pengeluaran berbgai kelompok, yakni kelompok pakaian dan alas kaki dia menyumbangkan andil deflasi sebesar, kelompok kesehatan sebesar, kelompok transportasi, kelompok informasi, komunikasi danjasa keuangan serta rekreasi olahraga dan budaya.

” Sumbangan Deflasi terdalam di Kota Baubau di yakni kelompok transportasi yang mencapai 3,37 persen. Sebagaimana kita ketahui pada bulan September, sudah masuk maskapai penerbangan City Link di Kota Baubau. Itu menyebabkan harga tiket angkutan udara menjadi turun,” ungkapnya.

Untuk kelompok yang mengalami kenaikan indeks harga yakni, kelompok makanan minuman, tembakau, perlengkapan peralatan, pemeliharaan rumah tangga, perawatan pribadi. Sementara untuk kelompok perumahan, air, listrik, bahan bakar rumah tangga, pendidikan serta kelompok penyedia makanan dan minuman/ restoran relatif stabil.

” Jadi ikan mendominasi kenaikan harga di bulan September dan ini masih terasa sampai sekarang, harga ikan masih agak malah. Jadi sumbangan sektor makanan dan minuman itu 0,69 persen,” terangnya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

ISTRI & ANAK ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SEDIH SAKSIKAN PEMAKAMANNYA

ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SAAT TUGAS OLEH SEORANG PEMUDA DI KELURHAN NGKARING-NGKARING, KECAMATAN BUNGI, KOTA BAUBAU DIMAKAMKAN DENGAN UPACARA MILITER. ANAK DAN ISTRI ALMARHUM SERDA BASO HADANG TERLIHAT SANGAT SEDIH DAN PILU MENYAKSIKAN DETIK-DETIK UPACARA PEMAKAMAN SUAMINYA. SEMOGA ALMARHUM DITERIMA DISIS ALLAH SWT DAN KELUARGA YANG DITRINGGALKAN DIBERIKAN KETABAHAN HATI. AMIN. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest