Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Polres Baubau melalui Polsek Kokalukuna secara intens menghimbau masyarakat diwilayah hukumnya untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan program vaksinasi pemerintah. Tidak hanya berupa himbauan namun pelaksanaan vaksinasinya bersinergi dengan pihak Kecamatan Kokalukuna Kota Baubau serta pihak Puskesmas Lakologou dilaksanakan ditengah pemukiman masyarakat.

Kapolsek Kokalukuna dan personil, camat Kokalukuna serta Kapus Lakologou saat memantau jalannya vaksinasi di wilayah pemukiman Perumnas, Kelurahan Waruruma

Kapolsek Kokalukuna Ipda Muslimin Aziz P, saat ditemui awak media saat memantau pelaksanaan vaksinasi dilingkungan Perumnas Kelurahan Waruruma, Minggu (27/03) mengatakan, bahwa apa yang dilakukan pihaknya saat ini merupakan tindak lanjut atas intruksi Kapolres Baubau AKBP. Erwin Pratomo, SIK untuk mensukseskan program pemerintah nasional, khususnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

” Hal ini sesuai dengan intruksi Bapak Kapolres Baubau untuk terus menghimbau dan memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi kepada seluruh masyarakat,” ujar Ipda Muslimin.

Dikatakan, dalam mensukseskan setiap pelaksanaan vaksinasi diwilayah hukumnya, pihak Polsek Kokalukuna selalu bersinergi dengan semua pihak, termasuk tokoh masyarakat setempat. Pelaksanaannya pun dilakukan dengan cara mendekatkan pelayanan vaksinasi ditengah-tengah masyarakat.

” Selain memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan vaksin di tiap Puskesmas, kami juga bersinergi bersama dalam mendekatkan pelayanan ditengah lingkungan masyarakat,” terangnya.

Ia berharap, dengan pelayanan yang dilakukan akan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses vaksinasi ditengah kesibukan mereka, serta mampu mengingatkan kembali kepada masyarakat akan pentingnya pelaksanaan vaksinasi bagi kehidupan mereka.

baca juga: Bersama BSN, PAN Sultra Gelar Konsolidasi Pematangan Saksi Hadapi Pemilu 2024

” Semoga dengan pelayanan ini masyarakat semakin dipermudah dan mendekatkan akses yang ingin memperoleh vaksinasi,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Camat Kokalukuna Muslidin, S.Sos mengatakan, dalam mensukseskan program vaksinasi di Kecamatan Kokalukuna pihaknya selalu berkoordinasi baik dengan semua pihak, baik TNI Polri, maupun tiga Puskesmas yang ada diwilayah Kokalukuna.

” Alhamdulilah dalam mensukseskan program pemerintah ini (vaksinasi-red) kami selalu berkoordinasi dengan baik bersama pihak Polsek, Koramil dan tiga Puskesmas diwilayah kami dan semua komponen tersebut ikut terlibat,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain itu dukungan dan koordinasi yang baik ditingkat RT/RW, Kelurahan hingga kecamatan juga terus dilakukan untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi antara lain, memberikan edukasi akan pentingnya vaksin untuk kesehatan diri dan keluarga.

” Allhamdulilah pencapaian vaksinasi tahap pertama kami untuk tingkat kecamatan sudah hampir mencapai 90 persen dan ini rata2 terlaksana di tiga Puskesmas yang sudah mencapai diatas angka 80 persen. Ini merupakan bentuk sinergritas yang semua pihak dalam bahu membahu memberikan informasi kepada masyatakat,” terangnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Lakologou, Azafudin, SKM mengungkapkan, bahwa pihaknya selalu siap memberikan pelayan kesehatan kepada masyarakat, salah satunya pelaksanaan vaksinasi. Untuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama diwilayah kerja Puskesmas Lakologou mencapai angka 82,59 persen, untuk tahap kedua mencapai angka 65 persen.

” Untuk anak sekolah wilayah kami rata-rata sudah mencapai angka 80 persen untuk vaksin tahap satu, malahan ada di wilayah kami SDN Bungi sudah mencapai angka 100 persen. Wilayah kerja kami mencakupi dua kelurahan yaitu, kelurahan lakologou dan kelurahan waruruma,” bebernya.(**)