Peliput: La Ode Adrian

BAUBAU, BP – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadis Dikmudora) Kota Baubau Drs H Masri MPd, berharap agar para siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA se Kota Baubau yang saat ini tengah menghadapi Ulangan Semster Ganjil, dapat berlaku jujur dan adil, serta berusaha sendiri untuk mendapatkan nilai terbaik.
“Diharapkan siswa tidak menyontek saat ulangan agar diketahui kemampuan yang dia miliki, untuk mengetahui kemampuan seseorangkan diadakan kegiatan evaluasi seperti ini. Kalau misalnya evaluasinya diisi dengan kebohongan dan kecurangan, itukan tidak bisa dia akui dirinya, mau jadi apa kedepannya kalau selalu bergantung pada teman atau orang lain,” tegas Masri saat ditemui diruangannya, Selasa (29/11).
Dilanjutkan, ia juga sudah mengarahkan seluruh kepala sekolah agar sebisa mungkin memperhatikan perkembangan siswa, terutama saat menghadapi ulangan semester saat ini, agar siswa dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam berkompetisi.
“Sudah sampaikan kepada sluruh kepala sekolah agar memperhatikan para siswa, agar pada saat ulangan itu supaya berlaku dengan jujur, harus ditanamkan nilai-nilai kejujuran, tidak ada artinya siswa ulangan tapi kemudian dia menyontek atau diberikan jawaban oleh temannya, itu tidak boleh,” jelasnya.
Dijelaskan, nilai Ulangan Semester sangat menentukan seorang siswa untuk dapat menuju ketingkat selanjutnya atau naik kelas, dan hal itu juga menjadi pertimbangan para guru, dimana nilai Ulangan Semester sangat mempengaruhi nilai rapor.
“Jadi kita harapkan nilai-nilai kejujuran itu harus diutamakan, jangan ingin nilai tinggi tapi dengan cara curang. Nilai ulangan semester itukan sangat berpengaruh, itu juga sebagai penentu, itukan semua diakumuluasi nilai-nilai itu menjadi nilai rapor pada Semester Ganjil maupun nilai rapor pada semster genap. Jadi ulangan ini sangat menentukan nilai rapor, dan menentukan apakah siswa tersebut naik kelas atau tidak,” katanya.
Ulangan Semester Ganjil se Kota Baubau sendiri dilaksanakan sejak Senin (27/11), hingga 2 Desember. “Ada yang hingga Senin depan (5/12), ada juga sampai Selasa depan (6/12), tapi seharusnya rata-rata selesai pada 2 Desember,” tutupnya.(*)