Laporan : Hasrin Ilmi
BAUBAU,BP- Berbagai upaya dilakukan sekolah untuk memberikan motivasi dan semangat bagi anak didik, baik itu bidang akademik maupun non akademik.

SMAN 3 Baubau yang dinahkodai Sitti Yuliana, S.Pd, M.Pd di awal Tahun 2022 melakukan sebuah terobosan dengan Program Anugerah Siswa Teladan. Program ini akan memilih 1 orang siswa terbaik yang dinilai berdasarkan kategori khusus yang telah disepakati oleh para Guru.

“Kita telah sepakati, setiap bulan ada seorang siswa yang akan mendapatkan Anugerah Siswa Teladan. Pemberian anugerah ini dilaksanakan pada kegiatan Upacara setiap awal bulan. Penerima akan disematkan selempang khusus, mendapatkan sertifikat dari sekolah dan Uang saku. Penilaiannya dilaksanakan secara tertutup dan tidak diketahui oleh siswa,” kata Sitti Yuliana.

Uniknya kata Sitti Yuliana, hadiah dan anugerah yang diberikan muncul dari inisiatif para guru, bahkan para guru sangat antusias untuk memberikan donasi secara bergilir setiap bulan.

“Saya dengar dari teman teman guru sangat mendukung program ini. Bahkan mereka sudah siap memberikan donasi. Namun karena hanya 1 penerima setiap bulan jadi para guru juga secara spontan bergilir untuk jadi donatur,” tambah Yuliana.

Melihat antusias para guru dalam memberikan apresiasi kepada siswa Teladan, tidak menutup kemungkinan pada periode bulan berikutnya, jumlah penerima dan kategori akan bertambah.

“Jika memang berikutnya berdasarkan panilaian para guru jumlah penerima dan kategorinya ditambah, akan dikomunikasikan lagi di internal para guru,” ujar Maryam, S.Pd salah seorang guru SMAN 3 Baubau.

Salah satu tujuan program ini, agar menjadi motivasi kepada seluruh siswa untuk menjadi yang terbaik, selain itu melatih sikap dan karakter positif para siswa. “Anak anak berbeda karakter, mungkin anak anak ada yang kurang dari sisi akademik, atau masih sering melakukan pelanggaran tata tertib. Melalui perhatian khusus dari guru gurunya, kita berharap ada komunikasi psikologis antara siswa dan guru sehingga siswa bisa merubah sikap. Salah satunya dengan memberi apresiasi seperti ini,” ujar Guru lainnya yang enggan disebut namanya.

baca juga: Dugaan Praktik Pungli, Plt Kasatpol PP dan Salah Satu Kabidnya Resmi Dilaporkan ke Polres Butur
Senin (31/1) program an ugerah siswa teladan ini mulai dilaksanakan. Nesti, salah seorang siswa hasil pilihan para guru menerima anugerah Siswa teladan kategori ‘Rajin dan SMART’. Penyerahan anugerah disaksikan para guru dan siswa di momen Upacara bendera. “Saya tidak menyangka bisa terima penghargaan ini, Terima kasih untuk Guru Guruku tercinta karena telah memberikan anugerah ini. Insha Allah saya akan jadikan motivasi untuk lebih baik lagi,” kata Nesti Juniarsi sambil terharu dan meneteskan air mata.(**”)

Comments are closed.