Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari keluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang yang diperkiran akan terjadi di Perairan Baubau bagian Selatan dan Perairan Selatan Wakatobi bagian Barat, berlaku sejak 10 Januari 2022 hingga 13 Januari 2022 dan tertuang dalam nomor surat: ME.01.02/112/KKNI/I/2022.

Dalam rilis yang diterima media, Plh Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie, S.P, MP melalui Prakirawan, Nurrohmi Utami menyampaikan bahwa, pola angin umumnya dari Barat Laut hingga Timur Laut dengan kecepatan 2 sampai 20 Knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Baubau bagian selatan.

“Tinggi gelombang 1,25 hingga 2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi di perairan Baubau bagian selatan dan perairan selatan Wakatobi bagian barat,” ujarnya.

Dikatakan, saran keselamatan agar memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayara antara lain, Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo atau Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

baca juga: Rupanya Pelaku Video Mesum Pelajar SMKN 2 Baubau Sudah Dikeluarkan Dari Sekolah Sejak 3 Januari 2022 Karena Jarang Hadir di Sekolah

Tak lupa ia juga mengingatkan, masyarakat yang tinggal dan beraktivitas dipesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, agar tetap selalu waspada. (*)

One thought on “Stasiun Meteorologi Kendari Peringatkan Gelombang Tinggi Diperairan Baubau Bagian Selatan Dari Tanggal 10-13 Januari 2022”

Comments are closed.