Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), memastikan blangko KTP-El masih mencukupi hingga bulan Januari 2022 ini.

Kepala Disdukcapil Buteng, Tamrin Mau saat dikonfirmasi mengatakan, setiap hari kerja pihaknya mampu melayani masyarakat yang melakukan perekaman KTP-el sekitar 60-80 keping. Sehingga, dalam satu bulan mampu mencetak sekitar 1.300-1.400 keping KTP-El.

Kepala Disdukcapil Buteng Tamrin Mau

Kepala Disdukcapil Buteng Tamrin Mau mengatakan setiap hari kerja pihaknya mampu melayani masyarakat yang melakukan perekaman KTP-el sekitar 60-80 keping.

“Dalam seminggu, kira-kira 300-400 keping, yang dihabiskan untukmencetak KTP-El,” jelasnya.

Lanjutnya, sampai hari blangko KTP-el tersisa 1.770 keping. Jumlah itu dapat bertahan dalam beberapa pekan ke depan. Namun, selama ini pihaknya belum pernah mengalami kekosongan stok blangko.

“Kendala biasanya tinta ribbon yang habis, sebab barang itu cukup mahal dan jumlahnya terbatas. Kalau masalah server jaringan itu jarang,” tuturnya.

Kemudian, untuk pengusulan blangko KTP-el ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, berdasarkan laporan harian perekaman KTP-el. Hal itu pula yang menjadi patokan pihak kementerian untuk memberikan blangko.

baca juga: Polsek Sangia Wambulu Edukasi Vaksinasi Covid-19 Pada Pelajar di Buteng

“Kalau ada stok di Kementerian, biasanya setiap bulan kita datang ambil sekitar 2.000 keping. Namun, jumlah itu masih belum mencukupi, sehingga kami kbisa pinjam ke Provinsi Sultra atau daerah-daerah tetangga. Nanti pada saat pengambilan berikutnya kita kembalikan,” tutupnya.(*)

Comments are closed.