Laporan : Hasrin Ilmi
BAUBAU,BP-Pemilukada Buton Selatan (Busel) tinggal menghitung hari. Seluruh kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Busel terus melakukan upaya dan starategi untuk meraih hati masyarakat. Untuk mengukur tinmgkat penerimaan masyarakat dan elektabilitas para kandidat salah satu lembaga survey yakni Survey index Indonesia senin (23/01) merilis hasil survey.

Direktur Riset lembaga survey Index Indonesia, Dr Andi Muhammad Akhmar kepada sejumlah wartawan disalah satu resto di Kota Baubau kemarin mengatakan, berdasarkan hasil survey yang dilaksanakan dalam rentang waktu 11-16 Januari 2017 tingkat keterpilihan (elektabilitas) pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan, Muhamad Faisal – Waode Hasniwaty unggul atau berada di posisi teratas diantara tiga pasangan calon lainnya.

“Nilai elektabilitas Sattar-Yasin Welson (9 %), Muhamad Faisal-Wa Ode Hasniwaty (44,8 %), Agus Feisal-Arusani (33,3 %), Agus Salim-laode Agus (3,5 %) sisanya masih belum tahu sekitar 6,6 %,”katanya.

Dikatakan, metodelogi yang dilakukan dalam survey ini menggunakan metode multistage random sampiling. Dengan jumlah sampel yang dilakukan sebanyak 400 yang dipilih sepenuhnya secara acak.wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner sistematis dan tarstruktur.

“Margin of error dalam survey ini adalah kurang lebih 5 % pada tingkat kepercayaan 95 %,”katanya.

Untuk itu, kata Andi Muhammad Akhmar, berdasarkan hasil survey yang dilakukan saat ini jelas pasangan nomor urut 2, Muhamad Faisal-Wa Ode Hasniwaty jelas berada di posisi teratas mengungguli tiga pasangan lainnya. Pesaingnya adalah pasangan nomor urut 3 Agus Feisal Hidayat-Laode Arusani.

“Hasil survey keduanya berjarak cukup jauh yakni sekitar 11,5 %, sehingga jika berdasakan nilai ambang batas ke bawah untuk pasangan Muhammad Faisal-Waode Hasniwaty dan pasangan Agus Feisal-Arusani dinaikan amabng batas atas tetap perolehan suaranya pasangan Muhamad Faisal-Waode Hasniwati tetap berada diatas. Dan kami berani katakan jika hari ini digelar pilkada maka dipastikan pasangan nomor urut dua akan menang,”ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, tingginya nilai eketabilitas Muhamad Faisal-Hasniwati ditunjang oleh faktor elektoral yang fundamental. maksudnya, figur personal dari pasangan ini paling populer dan paling diterima di antara figur Calon Bupati dan Wakil Bupati lainnya. Untuk itu, dengan siswa waktu dua puluh dua hari sulit bagi pesaingnya untuk mengejar ketertinggalan peluang elektoralnya.

“Pengalaman empiris menunjukan pergeseran nilai elektabilitas dalam waktu tersebut pada masing masing pasangan calon. Bahkan, pengalaman kami selama ini dengan nilai persentase yang ada maka sulit untuk meningkatkan persentase hingga 5 %,”katanya.

Diakhir pertemuan, Andi Muhammad Akhmar mengatakan, hasil survey ini dipertanggungjawabkan oleh Index Indonesia. Apalagi, lembaga survey tang berpusat di Kuningan Jakarta ini telah memiliki pengalaman melakukan survey.

“Pengalaman kita selama survey menunjukan tingkat margin of eror hanya 1 %, pengalaman di Aceh, Maluku tengah hingga Sultra juga sudah pernah kita lakukan,”tutupnya.

Pin It on Pinterest