Keadaan Pasar Wameo saat ini, cukup semerawut dan tidak sedap dipandang mata. Seperti yang terlihat, beberapa pedagang sengaja menggelar dagangannya secara serampangan dan disembarang tempat.

Padahal Pemerintah Kota Baubau, telah membangun beberapa bangunan pasar yang cukup bagus menampung pedangang. Namun nyatanya, pedagang seenaknya menggelar dagangannya diteras bangunan, bahkan mereka menggunkan lahan yang seharusnya untuk parkiran menjadi tempat berdagang.

Hal ini, membuat pemandangan Pasar Wameo sangat buruk. Tidak jarang, rembesan air ikan milik pedagang membanjiri, halaman pasar. Sehingga membuat pengunjung pasar sangat tidak nyaman dan harus menutup hidung ketika lewat, karena bau busuk yang sangat menyengat.

Beberapa pedangang pasar beralasan, menggelar dangannya diluar bangunan akan meningkatkan omset penjualan mereka. Padahal, jika mereka yakin rezeki sudah ada yang mengatur. Pedangang cukup mengikuti aturan dari pemerintah, dengan berjualan dalam bangunan.

Jika mereka bersatu untuk menjual dalam bangunan, pasti pembeli akan mencari mereka juga didalam bagunan, jadi tidak perlu merusak pemandangan pasar dengan berjualan disembarang tempat. Beberapa pedangang yang bertahan untuk berjualan didalam juga pernah menyatakan, seharusnya penjual yang diluar bangunan mengikuti mereka untuk berjualan didalam, demi ketertiban pasar.

Areal taman di Pasar Wameo pun tidak luput dari ulah para pedangang nakal yang menggelar dagangannya secara sembarangan. Taman kehilangan fungsinya sebagai penghias pasar yang menghadirkan keindahan dan kerindangan. Taman Pasar Wameo pun kini terlihat kumuh, dengan genangan air yang berbau tidak sedap.

Pemerintah Kota Baubau dalam hal ini Satpol PP telah beberapa kali mengatur pedangang agar lebih tertib. Para pedangang terlihat tertib saat masih ada petugas, namun saat petugas pergi mereka kembali membandel dengan kembali menggelar dagangannya diluar bangunan.

Masyarakat tentu berharap, Pasar Wameo dapat tertib dan teratur. Sehingga pengunjung merasa nyaman ketika berbelanja di pasar. Kini pemerintah tengah membangun pasar wameo dengan mendirikan bangunan baru. Masayarakat juga berharap, pasar baru ini ketika nantinya selesai didirikan, bisa menjadi pasar yang teratur. (*)