Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) atau BPJS Ketenagakerjaan Kota Baubau telah membayarkan klaim kepada pesertanya pada tahun 2021 mencapai angka Rp 31 miliar.

Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Baubau, Bobby Harun mengatakan, pembayaran klaim sebesar Rp 31 miliar tersebut terdiri dari klaim Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP), dengan total klaim sebanyak 2.156 kasus.

Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Baubau, Bobby Harun

“Pembayaran klaim JHT merupakan yang paling banyak dari klaim program lainnya, yaitu sebanyak 2.065 kasus. Sedangkan klaim JKM mencapai 49 kasus, klaim JKK sebanyak 10 kasus, dan klaim JP sebanyak 32 kasus,” ujarnya melalui rikis yang diterima media, Rabu (19/01).

Bobby merincikan, jumlah nominal yang dibayarkan dari klaim JHT sebanyak 2.065 kasus tersebut adalah Rp 27.555.484.906.
Sementara Klaim JKM sebanyak 49 kasus dengan jumlah nominal yang dibayarkan Rp 3.172.800.000, klaim JKK sebanyak 10 kasus dengan jumlah nominal yang dibayarkan Rp 194.078.383

“Sedangkan klaim JP sebanyak 32 kasus dengan jumlah nominal yang dibayarkan Rp 97.310.127” ungkapnya.

Tak lupa Bobby mengingatkan agar tenaga kerja yang sudah memasuki usia pensiun dan belum mencairakan JHT nya bisa segera mencairkannya, karena hal tersebut merupakan hak tenaga kerja untuk mendapatkan kesejahteraan di usia pensiun mereka.

Meskipun dimasa sulit sekarang ini, kata Bobby, BP Jamsostek akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi peserta ataupun ahli waris peserta yang ingin mengajukan klaim jaminan sosial ke BPJS Ketenagakerjaan Baubau.Saat ini untuk pencairan klaim JHT dengan saldo dibawah 10 juta sudah bisa pengajuan langsung di aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dan saldo JHT akan langsung masuk ke rekening.

baca juga: Maksimalkan Pengawasan Obat dan Makanan, Pemkot Baubau dan BPOM Kendari Teken MoU

“Tentunya, hal ini juga menjadi alternatif untuk memudahkan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin mengurus klaim JHT di masa Pandemi Covid-19. Kami akan memberikan layanan terbaik, meskipun saat ini dalam situasi sulit di masa pandemi,” tutupnya. (*)

Comments are closed.