Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Hasil perikanan tangkap Buton Selatan memiliki potensi yang cukup melimpah terutama ikan pelagis. Sementara fasilitas pendukung Tempat Pelelangan Ikan (TPI) belum memadai, apalagi sebagian wilayah Buton Selatan adalah wilayah kepulauan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Buton Selatan La Kali

Untuk mengoptimalkan peningkatan ekonomi daerah dari sektor perikanan Pemerintah darah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bakal membangub tempat pelelangan ikan di Kadatua dan Siompu di tahun 2022 melalui Dana Alokasi Umum. Saat ini fasilitas TPI berada di Kecamatan Sampolawa

Pembangunan TPI di dua wilayah tersebut bertujuan agar hasil perikanan tangkap yang pdihasilkan oleh nelayan tidak langsung dibawah ke daerah tetangga, namun diproses terlebih dahulu di TPI tersebut

Kepala DKP Kabupaten Buton Selatan, La Kali, mengatakan ikan hasil tangkap nelayan Buton Selatan langsung diantar ke Kota Baubau dan Kendari tanpa diproses terlebih dahulu di TPI di Busel.

“Kita upayakan agar TPI ini terbangun dengan rencana kapasitas tampungnya 30 ton dan gudangnya 10 ton dimasing-masing lokasi,” ujar La Kali

Selain di Kadatua dan Siompu, DKP juga merencanakan pembangunan TPI di Lapandewa yakni Dusun Lakaliba dan kecamatan Batuatas.

“Kita berharap dengan adanya TPI yang tersebar di beberapa wilayah Buton Selatan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor perikanan,” katany

Sejauh ini hasil perikanan tangkat nelayan Buton Selatan belum maksimal menyumbangkan peningkatan ekonomi bagi daerah yakni PAD, pasalnya hasil tangkap nelayan langsung dijual ke daerah tetangga. Sementara alat tangkap sebagian besar merupakan hasil dari bantuan pemerintah daerah.

“Jika TPI sudah terbagun maka pemerintah dapat menarik retribusi misalkan harga jual ikan pelagis satu kiloan seharga Rp 20.000 Pemkab Busel akan memungut retribusi sebesar Rp 300 hingga Rp 500 jika dikali banyak tentu akan meningkatkan PAD daerah,” katanya.

Ia menambahkan TPI di Sampolawa dapat menghasilkan PAD hingga Rp100 juta pertahunnya. jika di beberapa wilayah memiliki TPI maka akan menghasilkan PAD dari sektor perikanan cukup besar.

baca juga: Capaian Vaksinasi di Busel 63,2 Persen, Pemda Akan Datangi Rumah Warga untuk Capai Target 70 Persen

“Kita berharap PAD dari sektor perikanan dapat memberikan sumbangsih besar bagi ekonomi daerah,” tutupnya.(*)

One thought on “Tahun ini , DKP Busel Bakal Bangun TPI di Kadatua dan Siompu”

Comments are closed.