Robin SP

Peliput: Nelvida A

BAUBAU, BP- Perkiraan musim tanam padi pertama di tahun 2021 di Kecamatan Bungi bakal dilaksanakan pada bulan Januari hinggga Febuari. Hal itu dikarenakan para petani menunggu ketersediaan air yang cukup untuk memulai penanaman.

Robin SP
Robin SP

Penanggung Jawab Balai Benih Utama, Robin SP, saat ditemui Baubau Post, Rabu (11/11) mengatakan, pada bulan Januari hingga Febuar di wilayah Kecamatan Bungi akan memasuki musim tanam pertama di tahun 2021. Pasalnya saat ini para petani tengah melakukan proses panen padi kedua untuk tahun 2020 dan sebentar lagi akan berakhir.

” Kalau untuk musim tanam pertama di tahun 2021, nanti sekitar Januari sampai Februari,” ungkapnya.

Dikatakan, saat ini ketersediaan air masih minim dikarenakan curah hujan yang masih sedikit, sehingga menurutnya pada akhir bulan 2020 beberapa ladang persawahan petani akan nganggur.

” Biasanya ada petani yang mengolah ladang dengan menanamkan tanaman hortikultura sambil menunggu musim tanam pertama di tahun 2021,” terangnya.

BACA JUGA: Ada 21 Lokasi Penggilingan Padi di Kecamatan Bungi

Lanjut dikatakan, kecukupan air sangat berperan dalam proses penanaman padi.

” Hal ini dikarenakan dari proses membajak sawah sudah membutuhkan air, persemaian bahkan sampai menanam padi,” tutupnya. (#)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

One thought on “Tanam Padi Tahun 2021 di Kecamatan Bungi Tunggu Ketersediaan Air”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest