Peliput: Gustam Editor: Hasrin Ilmi

Kedatangan Delegasi Rusia saat disambut pihak SMPN 4 Baubau

BAUBAU, BP – Enam orang delegasi Moskow-Rusia kini telah tiba di Kota Baubau untuk menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) kerjasama antara Novovolkovo School di Moskow-Rusia dengan sekolah di Kota Baubau, rabu (27/12).

Dalam MoU tersebut disepakati Sekolah di Kota Baubau dengan Novovolkovo School di Moskow-Rusia rencananya diadakan pertukaran pelajar selama tiga bulan. Delegasi Moskow-Rusia berada di negeri seribu benteng ini rencanya selama tiga hari untuk melihat potensi dan keunggulan Kota Baubau.

Kepala sekolah Indonesia Moskow Sudirhan mengungkapkan, MoU tersebut ditandatangi jika kedua belah pihak, baik sekolah di Kota Baubau maupun di Moskow-Rusia menyetujui diadakannya pertukaran pelajar.

“Kerjasama ini dapat menambah pengalaman dan pengetahuan antara pelajar dan guru di Kota Baubau dan Moskow-Rusia, khususnya terkait metode pengajaran antara guru di kedua sekolah,” ungkap Sudirhan dalam sambutannya pada acara penandatanganan MoU kerjasama sekolah di Kota Baubau dan Moskow-Rusia di SMPN 4 Baubau.

Sudirhan menambahkan, kerjasama tersebut bertujuan membangun komunikasi yang menunjang perkembangan pengetahuan khusunya di bidang seni dan budaya antara Kota Baubau-Indonesia dan Moskow-Rusia.

Tujuan utamanya itu untuk meningkatkan kualitas akademis bagi siswa guru antara kedua sekolah, terfokus pada pendidikan, budaya dan seni,” paparnya.

Hal senada juga diungkapkan salah seorang delegasi Moskow-Rusia yang menjabat Head The Departement Of Education Of Ruza City, Tyrnova Natalia Stanislavovna. Dikatakannya, melalui dunia pendidikan kerjasama Moskow-Rusia dan Kota Baubau-Indonesia akan terus dikembangkan.

“Kita coba bangun komunikasi dan kerjasama dengan daerah lain termasuk Kota Baubau

. Kami senang, berkat adanya kerjasama ini, kita saling berbagi pengalaman baik pendidikan, budaya dan seni,” ungkap Natalia dengan bahasa Rusia yang diartikan oleh Sudirhan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Baubau Drs H Masri MPd menambahkan, Novovolkovo School di Moskow-Rusia bakal mengadakan kerjasama dengan sekolah se Kota Baubau termasuk TK.

“Mereka datang menawarkan kerjasama guna berbagai pengetahuan, pengalaman, budaya hingga seni dengan kita. Hampir semua SMP kita tawarkan termasuk satu TK, yakni TK Bayangkara,” imbuhnya.

Untuk diketahui, hingga kini belum dapat dipastikan berapa keseluruhan sekolah yang sudah pasti bermitra dengan Novovolkovo School di Moskow-Rusia. Pasalnya masih ada beberapa sekolah yang masih mengkaji ulang isi MoU. Jika disetujui, MoU tersebut bakal ditandatangani di Kantor Disdikbud hari ini, kamis (28/12). (*)

Pin It on Pinterest