BAUBAU, BP– SMPN 17 Baubau akan melaksanakan Ulangan Akhir Semester Berbasis Komputer (UAS-BK). Diketahui, wacana inovatif ini ditergetkan bakal terealisasi pada penyelenggaraan ulangan semester berikutnya.

Kepala SMPN 17 Baubau Fauzi saat temui diruangan kerjanya, Rabu (15/01) mengungkapkan, pada dasarnya kegiatan UAS-BK telah direncanakan semester lalu. Namun, mengingat ada beberapa guru yang harus diberangkatkan ke luar daerah untuk mengikuti program diklat, sehingga realisasinya ditunda.

” Semester kemarin kita rencanakan penyelenggaraan ulangan semester berbasis komputer. Namun, ternyata dua orang gurunya dia berangkat untuk mengikuti diklat, sehingga tidak jadi,” jelasnya.

Kendati demikian Fauzi menegaskan, di tahun 2020 berjalan, kegiatan UAS sudah akan dilaksanakan dengan sistem Online dan/atau berbasis komputer.

” Insha Allah, kita akan laksanakan. Yang menjadi kendala itu ketersediaan komputer, namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan Laptop milik siswa, tinggal kita sambukan kabelnya,” terang Fauzi.

Selain itu, dikatakannya pula bahwa program UAS-BK bakal digenjot semaksimal mungkin. Pasalnya, kegiatan ini dinilai banyak mengandung manfaat positif, salah satunya mengajarkan siswa untuk mengoprasikan komputer. Tentunya hal ini memiliki relevansi yang signifikan, sebagai bekal siswa dalam menjaga efesiensi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kelas tiga nantinya.

” Kami sudah siapkan semuanya untuk ulangan semester berbasis komputer, sehingga mereka tidak kaget untuk mengoprasikan komputer saat ujian kelas tiga nantinya,” tandasnya. (*)

Peliput: Arianto W

Pin It on Pinterest