Peliput: Nelvida A — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Sanggar Seni Lakologou yang bertempat di Kelurahan Lakologou membuat sebuah tarian khas Buton yang nantinya akan dimasukkan menjadi salah satu tarian nasional oleh Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Provinsi Sulawesi Selatan.

Pemilik Sanggar Seni Lakologou Erna SKM saat dikonfirmasi Baubau Post, Kamis (25/06), mengatakan Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan memfasilitasi untuk membuat sebuah tarian khas Buton. Dengan demikian Erna memutuskan untuk membuat tarian di wilayahnya tepatnya di Lakologou.

Porseni Sanggar Seni Lakologou yang membawakan Tari Nipa Foto Nelvida A–BaubauPost

Dikatakannya tarian yang dibuatnya yakni Tari Daun Nipa yang menggambarkan ciri khas kampung Lakologou.

” Tari Daun Nipa memiliki filosofi bahwa banyak wanita tangguh yang membantu suaminya dalam pemenuhan ekonomi rumah tangga,” terangnya.

Gerakan tarian semua berdasarkan kreativitasnya dari mulai pembukaan sampai penutup semua tentang kegiatan menganyam daun nipa. Untuk alunan musik pihaknya berkolaborasi dengan Amin V.S Record Baubau.

” Untuk total penarinya tidak ada batasan, namun saat melakukan syuting video penari yang siap sekitar 5 orang,” jelasnya.

Nantinya video klip tersebut akan di masukkan menjadi salah satu tarian Nasional oleh Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Provinsi Sulawesi Selatan. (#)

Pin It on Pinterest