Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Anggota Polres Muna yang tergabung dalam pengamanan Dalmas memukul salah satu siswa yang sedang terlibat tawuran hingga siswa tersebut cedera. Tawuran ini melibatkan siswa SMAN 1 Raha dan SMKN 2 Raha, Kamis (24/11).
“Siswa kami (SMKN 2 Raha,red) dipukul oleh oknum polisi yang datang di sekolah menggunakan satu mobil dalmas,” ungkap salah satu guru, Estin saat ditemui di Polsek Katobu.
Estin menyesalkan tindakan yang dilakukan oknum polisi, karena menurut sepengetahuannya siswanya yang bernama Ahmad Bone merupakan siswa yang baik, dan tidak terlibat tawuran.
“Polisi itu, masuk diruang belajar tanpa beri salam, malahan mereka mendorong pintu maupun memukul siswa yang tidak bersalah,” bebernya.
Menurut pengakuan salah satu siswa kelas XI, Jaya (16), saat itu dia hendak ke kantin sekolah untuk makan, tiba-tiba mendapat tendangan dari polisi, tanpa bertanya terlebih dahulu. “Secara tiba-tiba polisi bersama temannya datang menghampiri saya dan melakukan tindakan anarkis dengan melayangkan tendangan,” katanya.
Bahkan ada salah seorang siswa lainnya, Ahmat Bumi putra kelas XII dipukul oleh polisi hingga muntah. Dia sudah dibawa di RSUD Muna untuk divisum.
Menurut seksi kesiswaan STM Raha, La Enda SPd yang ditemui diruang lapor Polres Muna bersama lima guru lainnya saat mendampingi siswanya mengatakan, menurut pengakuan warga sekitar, siswa SMAN 1 Raha datang menyerang dengan melempar atap SMKN 2 Raha.
“Spontan seluruh siswa keluar dari ruangan kelas, namun pihak polisi datang di halaman kantor dan masuk dalam ruangan dengan tidak sopan seperti melakukan tindakan yang lebih dari anarkis, bahkan polisi hendak memukul guru,” ungkap La Enda yang ditemani Misbak, Jainun Saimun dan Zaki.
Kapolres Muna AKBP Yudith S Hananta SIk melalui Wakapolres Muna, Kompol Rofikoh Yunianto SIk mengatakan, pihaknya telah mengarahkan anggotanya untuk tidak bertindak anarkis. Namun selebihnya, pihaknya enggan berkomentar banyak.
“Tadi saya telah mengarahkan, agar jangan melakukan kekerasan terhadap siswa yang melakukan tawuran,” singkatnya. (*)

Pin It on Pinterest