Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Selatan menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis di Pantai Wisata Laompo, Jumat (25/11). Kegiatan ini melibatkan 100 tenaga medis dan akan diikuti sejumlah kepala SKPD lingkup Kabupaten Busel, serta para pejabat eselon III dan IV. Kegiatan tersebut sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional pada 15 November lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Busel dr Darwis Makka mengatakan, tes kesehatan tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan, tes kebugaran atau tripmal fungsi jantung secara sederhana, dimana pesertanya dari SKPD mulai dari pejabat eselon II dan III. Sebelum menggelar tes kesehatan, terlebih dahulu para peserta harus melakukan tes tekanan darah, disusul pengecekan nadi dan tekanan gula darah para peserta.

“Jumlah tim medis yang disiapkan sebanyak 100 orang yang akan melakukan tensi karena peserta sekitar 500 orang,” ujarnya ketika di temui di RSUD Busel.

Lanjutnya, sebelum pemeriksaan dilakukan, para peserta diwajibkan melakukan jalan cepat selama 15 menit dari Lapangan Lakarada menuju Pantai Wisata Laompo. Setelah itu dilanjutkan dengan senam pelemasan selama 15 menit kemudian ditensi tekanan darah dan jantungnya.

Sementara untuk mengecek gula darah didalam tubuh para peserta, pihak Dinkes akan memberi makanan yang manis-manis, dan satu jam kemudian menjalani tes gula darah untuk mengetahui selisi sebelum dan sesudah beraktifitas.

“Karena orang yang bugar itu perbedaan antara denyut jantungnya itu tidak jauh berbeda, tapi kalau orang yang kurang bugar itu antara sesudah dan sebelumnya itu jauh sekali perbedaanya, tapi kalau sehat meskipun beda tapi tidak terlalu signifikan, begitu juga dengan gula darah akan dihitung sebelum dan sesudah mengkomsumsi yang manis-manis” katanya.

Dikatakannya, normal tes denyut jantung yaitu 120/80, jadi akan disesuaikan dengan umur. Dijelaskan, jika tekanan darah melebihi angka 100, maka dianggap tidak normal, namun jika tekanan darah para peserta di bawah angka 100, maka hal itu normal.

Kata dia, kegiatan ini dilakukan untuk menjaga atau mengantisipasi kesehatan para pejabat daerah, sebab kedepan diperkirakan banyak kesibukan aktifitas kantor yang akan dilakukan sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupatan Busel.

“Sebenarnya kegiatan ini adalah uji coba, jika memungkinan dan mendampat tanggapan positif dari Bupati makan akan dilakukan secara rutin tiap bulan sekali hal ini untuk menjaga atau mengantisipasi kondisi kesehatan para pejabat, ini sangat bermanfaat apalagi untuk umur yang sudah 40 tahun keatas, misalkan motor itu kalau sudah diatas lima tahun pembelian penggunaanya mesinya sudah kelainan,” ucapnya.

Dilanjutkan, seharusnya tes kesehatan wajib dilakukan tiap enam bulan sekali, maka dari itu tes kesehatan tersebut wajib diikuti para pejabat, terutama pejabat yang jarang melakukan cek up kesehatan.

“Dikepolisian dan TNI itu diwajibkan setiap 6 bulan sekali harus cek up, tapi kalau PNS ini jarang ada, kalau diberikan cek up gratis jarang diikuti, kalau kegiatan ini kita gratiskan diberikan makan, ditanggung baju semua,” katanya.

Selain pemeriksaan kesehatan gratis dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Busel juga mengadakan lomba olahraga seperti bola voli dan bola gotong.

“Kegiatan ini dirangkaikan dengan kegiatan lain seperti olahraga bola voli dan lain-lain,”. pungkasnya.(*)