Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Adanya pendemi Covid-19 membuat aktivitas mudik saat Lebaran Idul Fitri 1441 H sepi. Seperti yang terjadi di Pelabuhan Murhum Kota Baubau, tidak ada aktivitas masyarakat yang mudik maupun balik.

Kasi Lalulintas Angkutan Laut dan Pelayanan Jasa Kantor UPP Kelas I Baubau, Suparno mengatakan, penurunan angkutan lebaran tahun ini karena banyak kapal yang belum berperasi. Misalnya kapal Pelni, maupun kapal-kapal penyebrangan antar pulau lainnya.

“Di Pelabuhan Murhum tidak ada penumpang mudik atau balik, yang ada adalah non mudik, itu pun jumlahnya sedikit,” kata Suparno.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana aktivitas mudik maupun arus balik ramai. Tidak terkecuali di Pelabuhan Murhum Baubau, mobilitas penumpang angkutan lebaran cukup padat.

Apalagi kata dia, Kapal Pelni belum mengangkut penumpang. Perusahaan plat merah ini hanya melayani pengangkutan barang antar daerah.

“Kalau arus balik dengan kapal cepat hanya sekitar 30-40 orang. Kalau saat lebaran hanya sekitar sembilan orang,” sebutnya.

Meski begitu, para penumpang yang hendak berangkat keluar daerah melalui Pelabuhan Murhum Baubau harus mengikuti protokol Covid-19.

Bahkan, saat lebaran tidak ada posko mudik seperti biasanya. Yang ada hanya posko penanganan non mudik. (**)

Pin It on Pinterest