– Pelabuhan Desa Tira dan Bahari Akan Dibuat

Pelipput: Amirul

BATAUGA, BP – Pj Bupati Buton Selatan Dr Ir H OMN Ilah Ladamay MS harus dijemput menggunakan sampan warga dari speed boat Pemkab Busel, karena kondisi pesisir perairan dalam keadaan surut. Hal itu harus terjadi saat Ilah Ladamay melakukan kunjungan safari Pilkada Damai ke Desa Tira dan Bahari, Kecamatan Sampolawa pada Minggu (15/1).

Dalam perjalanannya, Pj Bupati Busel ketiga ini mengamati kondisi wilayah Desa Tira dan Bahari I, II, dan III yang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan tersebut belum memiliki sarana infrastruktur pelabuhan yang memadai. Atas kodisi itu, Ilah Ladamay memerintahkan Kadis Perhubungan untuk merancang perencanaan pelabuhan dermaga untuk wilayah tersebut.

Pada Desa Tira, mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan pedagang. Keseharian mereka tidak lepas dari penggunaan kapal boti, yang jelas terlihat hampir puluhan unit kapal terparkir di pesisir wilayah tersebut. Karena kondisi geografis bibir pantai yang curam, dan garis surut laut yang jauh dari bibir pantai, membuat sejumlah nelayan kesulitan untuk berlabu. Begitupun juga di Desa Bahari I, II dan III, yang belum memiliki pelabuhan memadai.

Rombongan Pj Bupati Busel OMN Ilah Ladamay bersama sang istri, serta Ketua DPRD Busel dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Busel yang menuju Desa Bahari menggunakan speed boat, bertolak dari Batauga menempuh hingga satu jam perjalanan, dan tiba di perairan ujung Kecamatan Sampolawa itu.

Tepatnya di Desa Bahari, speed boat yang ditumpangi rombongan Bupati tersebut tak dapat berlabuh, sempat berputar-putar menuju Desa Tira, namun tetap tidak terdapat pelabuhan. Alhasil, karena kondisi laut surut maka rombongan dijemput menggunakan sampan warga satu persatu.

“Untuk mendapatkan pelayanan yang baik kepada para nelayan, Kadis Perhubungan saya sudah sampaikan bahwa besok bawa konsultan rancang pelabulan di Desa Tira. Ada anggota DPRD La Ode Amal yang sudah perjuangkan itu kita akan perjuangkan itu kita akan rancang. Ketua DPRD juga sudah setuju akan dibangun pelabuhan mudah-mudahan satu dua tahun yang akan datang ini apa yang kita lihat hari ini bisa kita wujudkan secara bersama-sama,” terang Pj Bupati Busel H OMN Ilah Ladamay saat berkunjung di Pantai Lagunci Desa Bahari III.

Bukan hanya Desa Tira kata dia, tapi juga Desa Bahari. Desa Bahari punya pantai yang bagus serta tradisi adat yang kental masih dipertahankan. Maka dianggap hal itu harus dikembangkan secara bersama-sama. Ilah Ladamay juga meminta agar daerah yang memiliki potensi tersebut jangan dibiarkan begitu saja, namun seluruh potensi yang ada harus dikembangkan dan difasilitasi dan disediakan seluruh pembangunan infrastrukturnya.

“Jangan biarkan daerah-daerah yang potensial ini tinggal begitu saja, bahasa lain hanya Idol saja, hanya tetap dalam mimpi saja hanya sebatas cita-cita tapi tidak bisa dibuat apa-apa. Oleh karena itu kita harus sama-sama menyadari bahwa. Daerah kita ini bukan lagi kecamatan, bukan lagi kelurahan desa tapi sudah Kabupaten. Oleh karena itu pemikiran-pemikiran kita, kerja sama kita dalam membangun daerah ini kita harus berfikir pada level kabupaten,” tandasnya.(*)

Pin It on Pinterest