Peliput : Alan

LABUNGKARI, BP – Penyakit Difteri tidak ada di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kita juga sudah antisipasi penyakit difteri ini, dan di Buteng dari 7 Kecamatan tidak ada laporan terkait adanya penyakit ini,” ujar Kepala Bidang Dinas Kesehatan, H Saharuddin saat dihubungi via telepon selulernya, Selasa (12/12).

Dijelaskan, untuk mengantisipasi penyakit ini, pihaknya selama ini terus melalukan imunisasi bagi balita umur 3 sampai 11 bulan dengan 3 komponen imunisasi difteri yang terdapat dalam imunisasi DPT (Difteri, Pertusis, dan Tetanus).

“Difteri adalah penyakit yang disebabkan bakteri Corynebacteriun diphteriae dan dapat menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak,” terangnya.

Walau bakteri difteri dapat menyerang jaringan apa saja pada tubuh, lanjut Saharuddin tanda-tanda yang paling menonjol adalah pada tenggorokan dan mulut. “Cara terbaik mencegah difteri adalah dengan vaksin lewat imunisasi DPT (Difteri, Tetanus, Pertusis),” pungkasnya.

Untuk diketahui, Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), difteri sebagai kejadian luar biasa (KLB). Penyakit ini telah menyebar di 95 kabupaten/kota di 20 provinsi, bahkan 11 provinsi di antaranya sudah masuk kategori KLB.

Pin It on Pinterest