-AKBP Erwin Pratomo: Total Barang Bukti 20 Gram, Diancam 20 Tahun Penjara

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP – Polres Baubau berhasil mengungkap tiga kasus pengedaran Narkotika dan Obat Terlarang (Narkoba) yang terjadi di Kota Baubau pada bulan Januari 2022 ini. Pada kasus pertama Polres Baubau berhasil mengamankan dua pelaku, dimana salah satunya masih dibawah umur.

Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, S.I.K saat menujukan barang bukti Narkotika jenis shabu

Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, S.I.K saat menggelar press rilis, Selasa (25/01) membenarkan bahwa pada kasus yang pertama Polres Baubau melalui Sat Resnarkoba berhasil mengamankan SH (22) dan SY (17) pada Rabu, 5 Januari 2022 yang diduga sebagai tersangka pengedar Narkotika.

Adapun kronologis kejadian yaitu Sat Resnarkoba Baubau awalnya menemukan tersangka SY berada di jalan dahlia, Kelurahan Kadolomoko tengah menempel satu paket narkotika jenis shabu, setelah dilakukan interogasi ditempat pelaku mengakui jika paket narkotika tersebut milik sepupunya yaitu tersangka SH dan selanjutnya tim melakukan pengembangan dirumah tersangka SH. Barang Bukti (BB) yang diamankan dirumah tersangka SH yaitu 11 paket kristal bening yang diduga shabu seberat 8,40 gram, 3 buah HP, 1 buah bong, 1 timbangan digital, 1 pipet sendok shabu, 3 korek api, 4 bungkus plastik bening dan sejumlah pipet.

-Para terduga pelaku pengedar Narkotika jenis shabu yang berhasil diamankan oleh Polres Baubau

AKBP Erwin Pratomo mengatakan untuk kasus kedua, pihaknya juga berhasil mengamankan satu tersangka dengan inisial WAT (42) yang diduga sebagai pengedar narkotika di jalan tanggul, Kelurahan Wale, Kecamatan Wolio, pada Rabu 12 Januari 2022.

” Kronologis pengungkapan yaitu pada awalnya anggota Sat Resnarkoba tengah melakukan patroli di jalan tanggul kelurahan wale dan melihat pelaku tengah berada dibawah jembatan sedang mengambil pembungkus permen yang disimpan didalam ban mobil bekas, sehingga personil mencurigai, mendekati dan melakukan pemeriksaan kepada tersangka. Diketahui didalam pembungkus permen tersebut ditemukan 1 buah paket plastik bening kecil berisi butiran kristal yang diduga narkotika jenis shabu seberat 0,64 gram,” ujar AKBP Erwin.

Lanjut, untuk kasus ketiga pihak Polres Baubau kembali mengamankan seorang pria inisial LMN (45) di jalan anoa, kelurahan kadolomoko, pada Kamis 13 Januari 2022 melalui patroli gabungan antar Sat Reskrim dan Sat Resnarkoba Polres Baubau. Dimana saat itu personil melihat tersangka tengah mengendarai motor jenis matic dan membawa barang yang disimpan dilantai motor.

sejumlah barang bukti yang berhasil diamanakan oleh Polres Baubau

” Pelaku diberhentikan kemudian dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan dan ditemukan plastik warna ungu yang diikat dengan lakban. Selanjutnya plastik teraebut dibuka daan ditemukan 1 sachet plastik berisi butiran kristal yang diduga narkotika jenis shabu seberat 9,64 gram,” terangnya.

” Total keseluruhan berat Narkotika yang berhasil diamankan kurang lebih 20 gram,” imbuhnya.

baca juga: Awali Vaksin Usia 6-11 Tahun, Plt. Walikota Baubau Sambangi Tiga Lokasi Pelaksanaan Vaksinasi

Saat ini para pelaku beserta barang bukti sudah diamankkan di Polres Baubau. Para pelaku akkan dikenakan pasal 114 ayat (1) dan atau pasal 112 ayat (1) subs pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No.35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.(*)

Comments are closed.