Peliput: Arianto W

BUTON, BP- Sebanyak tiga siswa(i) berprestasi asal SMPN 3 Baubau akan menunjukan kualitasnya pada salah satu ajang bergensi berskala Nasional yaitu Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KPSI).

Program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tersebut, dijadwalkan penggelarannya dalam waktu dekat.

Kepala SMPN 3 Baubau Bariun SPd MPd

“Satu lagi prestasi siswa SMP Negeri 3 Baubau di tahun 2021. Prestasi tersebut adalah tim peneliti muda SMP Negeri 3 Baubau, atas nama Najwah Assolehah, Yunita, dan Faturrahman Al Ghazali berhasil lolos ke tingkat Nasional pada ajang Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia yang merupakan kompetisi tahunan yang di selenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan Teknologi,” ungkap Kepala SMPN 3 Baubau Bariun SPd MPd, Kamis (21/10).

Dikatakannya, dengan mengusung tema “Penerapan Nilai-nilai Budaya PO5 yaitu Popia-piara (saling memelihara), Pomamasiaka (saling menyayangi), Poangka-angkataka (saling mengangkat harkat), Pomae-maeakan (saling menghargai) dan Pobinci-binci kuli (toleransi)”, konsep falsafah hidup masyarakat Buton ini juga dinilai relevan dalam membangun karakter positif siswa di sekolah.

“Penelitian ini termasuk pada bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Kamanusiaan, dan Seni. Ketiga siswa itu sekarang lagi menyiapkan presentasi sebagai bahan penilaian ke tingkat Nasional,” ujarnya.

Atas pencapaian itu, Ketua PGRI Kota Baubau ini mengucapkan rasa syukur dan bangga kepada para peserta didiknya yang telah mengharumkan nama baik sekolah dan daerah.

Bariun berharap agar prestasi ini dapat menjadikan motivasi bagi siswa lainnya agar lebih meningkatkan kualitas baik dibidang akademik maupun non akademik.

“Sekolah akan terus mendorong para siswa untuk terus berprestasi dengan tentu memotivasi semua guru untuk selalu melakukan pembimbingan dan pendampingan kepada siswa,” terangnya.

“Kepada seluruh masyarakat kota Baubau khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Baubau kiranya terus memberikan dukungan dan penghargaan kepada siswa berprestasi Kota Baubau sebagai motivasi buat siswa(i) yang lain,” sambungnya.

baca juga: Seorang Pelajar di Buton Diterkam Buaya

Tak ayal, Bariun juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya guru pembina yang telah berkiprah memberikan pendidikan secara optimal bagi para peserta didiknya.

“Khusus Kompetisi Penelitian Siswa Nasional ini di bawah bimbingan guru pembina yaitu Andi Lucy Arwati SPd,” pungkasnya. (*)

2 thoughts on “Tiga Siswa SMPN 3 Baubau Bakal Ikut KPSI Nasional”

Comments are closed.