BATAUGA, BP – Untuk meningkatkan rasa gotong royong di masyarakat, forum keserasian sosial di Desa Kaofe, Kecamatan Kadatua, Kabupaten Buton Selatan (Busel), menggelar dialog tematik, beberapa waktu lalu.

Dialog tematik tahap pertama digelar di aula Desa dengan tema meningkatkan kehidupan bergotong royong di Desa Kaofe. Kegiatan itu dihadiri Camat Kadatua Kaimuddin, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial La Hasifu ST MSi, Bhabinkamtibmas Desa Kaofe serta tokoh masyarakat dan sejumlah masyarakat Desa.

Ketua Forum Keserasian Sosial Desa Kaofe Laode Rauf Man Yur menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan membangun kesepahaman terkait adanya bantuan dari Kementerian Sosial kepada warga desa tahun 2019 sebesar Rp 150 Juta.

“Bantuan itu digunakan untuk renovasi Masjid Desa, dalam pengerjaannya dilakukan secara bergotong royong,” ungkapnya.

Lanjutnya, biaya pembangunan fisik Rp 100 Juta. Sementara itu, biaya operasional dan rapat sebesar Rp 45 Juta. Tidak hanya membangun masjid secara bergotong royong dari bantuan yang diberikan, namun sisa bantuan juga dipergunakan untuk Tugu Keserasian Sosial.

“Membangun tugu senilai Rp 5 juta,” jelasnya.

Dikatakan, masyarakat sangat bersyukur dan terimakasih telah mendapat bantuan tersebut. Bahkan masyarakat menyambut baik.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Kabupaten Busel atas bantuan yang diberikan kepada desa, kami (masyarakat) menyambut baik. Dana keserasian ini sesuai rapat dengan masyarakat digunakan untuk renovasi Masjid Desa,” ucapnya jelas mencontohkan ucapan masyarakat.

Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Buton Selatan Hasifu mengharapkan, bantuan yang telah tersalurkan tersebut diharapkan semakin menumbuhkan rasa kebersamaan di tengah masyarakat dan menghidupkan kembali nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Desa.

“Karena dalam pengelolaannya, dana keserasian sosial ini tidak mengenal upah kerja, akan tetapi dilakukan secara bergotong-royong oleh semua kalangan masyarakat,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Camat Kadatua Kaimudin mengajak masyarakatnya agar selalu mendukung program pemerintah.

“Selalu menjaga hubungan antar sesama warga masyarakat dan pemerintah,” ajaknya.

Peliput : Asmaddin

Pin It on Pinterest